Para Ketua RT di Sampit Mulai Dimobilisasi untuk Akomodir Suara Pemilu

IST/BERITA SAMPIT - Ilustrasi tamu wajib lapor RT 1x24 jam.

SAMPIT – Para ketua RT di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) khususnya di Kota Sampit mulai dimobilisasi untuk mengakomodir raihan suara pada Pemilu mendatang oleh para politisi.

Sejumlah politisi meyakini bahwa ketua RT dapat mengakomodir suara sebanyak mungkin dari warganya sehingga mereka tak segan untuk mengucurkan uang kepada para ketua RT.

Menurut pengakuan AB salah satu ketua RT di Kecamatan MB Ketapang bahwa dirinya bisa mendapatkan tawaran lebih dari lima calon legislatif dari dapil yang berbeda.

“Biasanya caleg kabupaten, provinsi hingga RI itu meminta untuk diakomodir suaranya untuk dipilih, sementara di RT saya ini kurang lebih 350 DPT yang terdaftar,” bebernya, Kamis 18 Januari 2023.

BACA JUGA:   Disdik Kotim Instruksikan Sekolah Implementasikan Pendidikan Antikorupsi 

Dari hasil penggalian informasi di lapangan bahwa banyak caleg yang sudah mulai mengumpulkan para ketua RT untuk membagikan alat peraga sosialisasi yang jumlahnya cukup banyak.

Itu dilakukan menurutnya karena mereka sudah memiliki ikatan emosional dengan para caleg sehingga mereka terus dipercaya dalam hal demikian.

Senada dengan itu, seorang ketua RT di Kecamatan Baamang berinisial SI mengaku kerap melakukan hal serupa, namun dirinya tidak berani dititipkan uang oleh para caleg.

BACA JUGA:   Tidak Hanya Dari Elit Politik, PKS Sebut Sejumlah Nama Birokrat Berpeluang Maju di Pilkada Kotim

“Saya siapapun yang datang silakan saja, namun kalau uang saya tidak berani silakan saja masing-masing ke warga kalau soal itu tetapi yang jelas kalau dititip uang saya tidak berani,” tegasnya.

Menurutnya tak jarang juga para caleg untuk meminta mereka dengan cara meminta target suara yang harus diraih nantinya di TPS, namun ia enggan untuk mengambil resiko.

(Jimmy)