Sebanyak 1.411 Rumah di Murung Raya Terendam Air

IST/BERITA SAMPIT - Petugas saat sudah sampai di lokasi.

MURUNG RAYA – Tim Basarnas Kalimantan Tengah (Kalteng) tiba di Kabupaten Murung Raya, dan langsung lakukan evakuasi warga yang terdampak banjir di beberapa kecamatan di Kabupaten Murung Raya, Kamis 18 Januari 2024 pukul 08:00 WIB kemaren.

Kepala Basarnas Kalteng AA. Alit Supartana mengatakan, pihaknya mendapat laporan dari BPBD Kabupaten Murung Raya pada 17 Januari 2024 pukul 21:00 WIB, bahwa banjir yang terjadi di daerahnya semakin meluas. Mendapat info tersebut pihaknya langsung menyiapkan tim untuk berangkat dan membantu proses evakuasi.

BACA JUGA:   Sekda Kalteng Sambangi Murung Raya, Pastikan Program Pasar Murah Kebijakan Gubernur Tepat Sasaran

“Tim yang berangkat membawa Alut berupa satu Unit Rescue Car dan satu Unit Rubber Boat. mereka juga dilengkapi peralatan pertolongan di air, peralatan evakuasi, peralatan medis, dan drone untuk memudahkan pemantauan banjir lewat udara,” katanya, Jumat 19 Januari 2024.

Berdasarkan data yang didapat dari BPBD Kabupaten Murung Raya ketinggian air bervariasi sekitar 50 sampai dengan 200 cm, diketahui bahwa 1.411 rumah terendam air dan jumlah warga yang terdampak banjir sekitar 5.322 jiwa. Beberapa warga pun harus diungsikan.

BACA JUGA:   Pasar Murah Kalteng, Patok Harga Beras 10 Kg Cukup Bayar Rp20.000

Selain Rumah, Banjir pun merendam beberapa fasilitas umum seperti tempat ibadah, jembatan, kantor pemerintah, posyandu, dan sekolah. (Hardi)