Ratusan Rumah Warga Desa Baru Direndam Banjir

DEDDY/BERITA SAMPIT - Tampak salah satu rumah warga RT. 04 dan ruas jalan manunggal VII Desa Baru yang direndam air banjir.

BUNTOK-Ratusan rumah warga Desa Baru Kecamatan Dusun Selatan (Dusel) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) direndam banjir, dikarenakan intensitas curah hujan yang cukup tinggi dalam tiga pekan terakhir ini.

Pantauan di lapangan, air banjir mulai merendam pemukiman warga di Desa Baru sejak satu pekan terakhir. Selain itu juga, banjir kiriman dari Kabupaten Murung Raya dan Barito Utara.

Sarif warga RT 04 Desa Baru saat ditemui di kediamannya Minggu, 21 Januari 2024 mengatakan, rumahnya mulai direndam banjir sejak dua hari yang lalu. Beruntung jauh-jauh hari ia telah mengantisipasi apabila banjir datang secara tiba-tiba.

BACA JUGA:   Dilaporkan PT SCC Padahal yang Diklaim Lahan yang Tidak Pernah Diganti Rugi

“Sehingga tidak ada satupun perabotan rumah yang terendam banjir,” katanya.

Senada dengan Hadi warga RT 06 Desa Baru menuturkan, perabotan rumah dan yang lainnya juga tidak direndam banjir karena sebelumnya ia sudah mengantisipasi apabila datangnya banjir.

“Air banjir mulai menggenangi rumah dari siang tadi, dan tentunya dengan kondisi seperti ini saya harus waspada karena takut air tiba-tiba naik lagi,” imbuhnya.

Dia merasa bersyukur walaupun rumah direndam banjir namun tidak begitu parah sebab masih ada warga sekitar yang rumahnya direndam banjir dalam satu minggu terakhir ini.

BACA JUGA:   Korban Gantung Diri Sudah Tiga Kali Lakukan Percobaan Bunuh Diri

“Sehingga merekapun harus membuat panggung untuk mengamankan perabotan rumah tangga sekaligus tempat untuk tidur,” jelasnya.

Ditambahkannya, dengan kondisi seperti ini tentunya warga Desa Baru berharap kepada pemerintah daerah untuk turun tangan membantu warga yang terdampak banjir.

“Berharap kepada pemerintah daerah melalui instansi terkait, untuk turun tangan membantu kesulitan warga yang terdampak banjir,” pungkasnya. (Deddy)