Penyebrangan Lancar, Dishub Sukamara Benahi Dermaga Kuala Jelai-Natai Kuini Kalbar

ENN BERITA SAMPIT - Dermaga penyeberangan ke salah satu wilayah di Kalimantan Barat dari Kuala Jelai Sukamara.

SUKAMARA – Pemerintah Kabupaten Sukamara melalui Dinas Perhubungan setempat telah pembenahan siring pada dermaga penyeberangan Kuala Jelai Kalimantan Tengah (Kalteng)-Natai Kuini Kalimantan Barat (Kalbar) pada tahun 2023.

Kepala Dinas Perhubungan Sukamara, Syamsir Hidayat mengatakan bahwa selain pembangunan siring sepanjang 78 meter dan membangun pos jaga yang bisa digunakan sebagai tempat berteduh yang menelan anggaran sebesar Rp 200 juta.

“Pembangunan itu sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Danau Rusa yang ingin ke Kuala Jelai karena menjadi jalur transportasi sungai yang menghubungkan antar Sukamara dengan wilayah Kalimantan Barat,” kata Syamsir Hidayat, Selasa 23 Januari 2024.

BACA JUGA:   Pemkab Sukamara Salurkan Bansos untuk Warga di Kecamatan Jelai

Syamsir Hidayat berharap dengan pembangunan itu, pelabuhan penyeberangan menjadi layak dan aman bagi pengguna dan dapat dijadikan sebagai tempat sandar dan labuh bagi kapal-kapal penyebrangan.

“Dermaga penyeberangan itu sudah menjadi tempat transaksi ekonomi, selain itu lalu lintas penyeberangan warga kedua wilayah di sana memang cukup ramai setiap harinya, sehingga perlu dilakukan penataan dan dibenahi,” jelas Syamsir.

BACA JUGA:   Sukseskan Program PPTPKH, Pj Bupati Sukamara Siapkan Beberapa Langkah

Syamsir Hidayat mengungkapkan dengan dibenahinya dermaga dan lokasi penyeberangan lebih memudahkan masyarakat dan memberikan rasa aman dan nyaman.

Selain itu penyeberangan tersebut juga masih menggunakan kelotok sebagai angkutan orang maupun kendaraan roda dua dan empat. Setiap harinya, banyak warga Kuala Jelai yang bekerja di perusahaan perkebunan di wilayah Kalbar dan menyeberang ke Natai Kuini.

“Jadi faktor keselamatan memang harus diutamakan, karena disana banyak warga Sukamara maupun warga Kalbar yang melintasi dermaga penyeberangan itu,” tukas Syamsir Hidayat. (enn)