Pemkab Sukamara Salurkan Bansos untuk Warga di Kecamatan Jelai

IST/BERITA SAMPIT - Pj Bupati Sukamara Kaspinor saat menyerahkan bansos kepada keluarga penerima manfaat di Kecamatan Jelai.

SUKAMARA – Penjabat Bupati Sukamara Kaspinor menyerahkan secara langsung bantuan sosial  dana insentif fiskal dan cadangan pangan pemerintah (CPP) serta bantuan program sembako untuk warga di Kecamatan Jelai.

Jumlah keluarga penerima manfaat di Kecamatan Jelai yang menerima bansos dari Dana Insentif Fiskal ada  691 kepala keluarga serta ada 66 keluarga penerima manfaat yang menerima bansos dari Cadangan Pangan Pemerintah atau CPP.

Kaspinor menegaskan jika Dana Insentif fiskal digunakan untuk mendanai kegiatan sesuai dengan prioritas dan kebutuhan daerah yang manfaatnya diterima dan dirasakan langsung oleh masyarakat untuk mendukung penurunan kemiskinan serta inflasi.

BACA JUGA:   Pemkab Sukamara Gelar Musrenbang RPJMD Tahun 2025-2045

Kaspinor juga menjelaskan jika CPP adalah persediaan pangan yang dikuasai dan dikelola oleh pemerintah dan diberikan kepada masyarakat untuk mengatasi masalah pangan dan krisis pangan seperti kekurangan pangan, gejolak harga pangan, bencana alam, bencana sosial dan keadaan darurat.

“Bantuan sosial CPP diberikan juga kepada keluarga penerima manfaat yang terdiri dari masyarakat miskin dan masyarakat yang mengalami rawan pangan dan gizi,” ungkap Kaspinor.

BACA JUGA:   Pertumbuhan Ekonomi Sukamara pada 2023 Sebesar 5,64 Persen

Sementara itu untuk bantuan program sembako atau bantuan pangan non tunai (BPNT) juga disalurkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sukamara kepada KPM melalui uang elektronik yang digunakan untuk membeli bahan pangan yang telah ditentukan.

Program sembako bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran KPM melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan.

“Bansos tunai dana insentif fiskal , CPP dan Bantuan program sembako yang disalurkan ini diharapkan datang membantu masyarakat mengurangi dampak dari inflasi terlebih lagi saat bulan ramadan ini,” tukas Kaspinor. (enn)