Peringati HGN 2024, Mukhtarudin: Pentingnya Pemenuhan Asupan Gizi yang Seimbang

Anggota DPR RI dari fraksi Golkar Dapil Kalimantan Tengah Mukhtarudin

JAKARTA– Hari Gizi Nasional diperingati pada tanggal 25 Januari tiap tahunnya. Tahun 2024, Kementerian Kesehatan/Kemenkes mengusung tema “Makanan Pendamping/MP-ASI Kaya Protein Hewani Cegah Stunting” dengan slogan “MP-ASI Berkualitas untuk Generasi Emas.”

Anggota DPR RI Mukhtarudin menyampaikan agar Hari Gizi Nasional bisa menjadi momentum bagi pemerintah untuk mengajak seluruh masyarakat secara bersama-sama mengatasi masalah gizi yang ada di Indonesia.

“Kita harus sadar mengenai pentingnya pemenuhan asupan gizi yang seimbang,” tandas Mukhtarudin, Kamis 25 Januari 2024.

Politisi Golkar Dapil Kalimantan Tengah ini menjelaskan sebagai individu atau manusia tentu berharap bisa selalu sehat dan bugar di mana kemampuan tubuh memerlukan energi untuk melakukan aktivitas.

BACA JUGA:   Mukhtarudin Bersyukur Keberhasilan Partai Golkar di Pileg dan Pilpres 2024

Artinya, kata Mukharudin, kebutuhan gizi dini dipenuhi dengan memperhatikan prinsip keanekaragaman pangan, aktivitas fisik, perilaku hidup bersih. Hal ini dilakukan untuk mencegah gangguan gizi.

Untuk itu, Caleg DPR RI paling kompeten di Dapil Kalimantan Tengah ini berharap Kemenkes, memperhatikan permasalahan kondisi gizi di Indonesia saat ini yaitu stunting.

“Sehingga perlu diperhatikan bahwa pada pemberian MP-ASI, bayi tetap terus diberikan ASI, mengingat pemenuhan gizi yang baik dan sempurna adalah dimulai dari asupan yang bergizi sejak dini,” imbuh tokoh peduli daerah terbaik Parlemen Award 2023 ini.

BACA JUGA:   Index Pembangunan Pemuda Naik, Legislator Golkar Bilang Begini!

Selain itu, Mukhtarudin mengatakan kementerian Pertanian/Kementan dan pemangku kepentingan terkait juga mempermudah akses bagi seluruh masyarakat Indonesia, termasuk yang berada di wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal atau 3T.

Yang tentu, lanjut Mukhtarudin, untuk mendapatkan bahan makanan pokok dengan gizi yang baik dan harga yang terjangkau, sehingga seluruh masyarakat bisa mendapatkan gizi yang sempurna.

“Saya berharap Kemenkes, mensosialisasikan kepada masyarakat agar bisa menerapkan MP-ASI yang banyak mengandung protein hewani yang optimal untuk mencegah stunting dan menciptakan generasi emas Indonesia di masa mendatang” pungkas Mukhtarudin.

(adista)