Pemkab Katingan Imbau Masyarakat Agar Waspada Terhadap DBD

BITRO/BERITA SAMPIT — Pj Bupati Katingan Saiful saat diwawancarai awak media.

KASONGAN – Pemerintaah (Pemkab) Kabupaten Katingan mengimbau kepada masyarakat di Katingan agar waspada terhadap penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang tengah merebak pada saat musim penghujan ini.

Penjabat (Pj) Bupati Katingan Saiful menyampaikan pada musim penghujan seperti saat ini, rentan terjadinya penularan penyakit DBD, pasalnya akibat adanya genangan air yang berada disekitar lingkungan bisa menyebabkan penularan atau tempat perkembangbiakan nyamuk aedes aegypti meningkat terutama genangan air bersih yang berada di wadah-wadah plastik.

BACA JUGA:   Dewan Minta Dinas Terkait Perhatikan PJU di Jalan Tjilik Riwut dan Ahmad Yani Kasongan

Untuk mencegah terjadinya penularan dan penyebaran penyakit DBD, Saiful berharap masyarakat Kabupaten Katingan, waspada dan selalu menjaga kebersihan dan tidak membiarkan adanya genangan-genangan air terutama di wadah plastik.

“Masyarakat harus waspada dan jangan biarkan adanya genangan-genangan air, karena tempat-tempat tersebut menjadi sasaran nyamuk DBD beranak pinak,” ungkap Saiful, Selasa 30 Januari 2024.

Menurut Saiful, nyamuk DBD menggigit manusia terjadi pada siang hari bukan malam hari, sehingga diperlukan kewaspadaan dan kebersihan lingkungan lebih ditingkatkan.

BACA JUGA:   Pj Bupati Katingan dapat Respon Baik dari KLHK Usai Koordinasi Terkait Penggunaan Kawasan Hutan

Saiful juga berpesan kepada pemerintah desa dan kecamatan untuk terus menyosialisasikan kepada masyarakat terkait menjaga lingkungan sekitar agar tetap bersih sehingga bebas dari nyamuk DBD.

“Saya berharap di wilayah kecamatan dan desa bahkan sampai RT/RW, pemerintahannya terus ajak masyarakat hidup sehat dan menjaga lingkungan tetap bersih,” pungkasnya.

(Bitro)