KPU Katingan Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara

BITRO/BERITA SAMPIT - Suasana simulasi pemungutan dan penghitungan suara yang digelar di halaman kantor KPU Katingan, Rabu 31 Januari 2024.

KASONGAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Katingan menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara menjelang Pemilihan umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Simulasi dilaksanakan di halaman kantor KPU Kabupaten Katingan, Kecmatan Katingan Hilir, Jalan A Yani pada Rabu 31 Januari 2024.

Kegiatan ini disiapkan layaknya hari pemilihan sungguhan. Dengan mengundang warga sesuai jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sekitar 200 orang yang ada di TPS demikian juga dengan tahapannya, mulai dari persiapan yang dilakukan KPPS.

Pemilih diberikan lima jenis surat suara yang ada dalam simulasi ini diantaranya surat suara berwarna abu-abu untuk Presiden dan Wakil Presiden, surat suara berwarna kuning untuk DPR RI, surat suara berwarna merah untuk DPD RI. Selanjutnya surat suara berwarna biru untuk DPRD Provinsi dan berwarna hijau untuk DPRD kabupaten/kota.

BACA JUGA:   Dandim Sampaikan Ucapan Terima Kasih Atas Dukungan Masyarakat dalam Kegiatan TMMD

Kemudian pemili menentukan pilihan dibilik suara, selanjutnya memasukkan surat suara ke dalam kotak suara sesuai dengan jenis surat suaranya, sampai dengan mencelupkan jari ke tinta sebagai tanda telah menggunakan hak pilih.

Pelaksanaan pemungutan suara sendiri sampai dengan pukul 13.00 WIB yang dilanjutkan dengan penghitungan suara yang dilakukan oleh petugas di TPS.

BACA JUGA:   Polisi Amankan Gerakan Pangan Murah Bulog Kanwil Kalteng

“Kegiatan hari ini kita melaksanakan simulasi di wilayah Kabupaten Katingan yang kita laksanakan di halaman lokasi KPU kkatingan,” kata Ketua KPU katingan Wahyuni.

Ia menerangkan prosedur dalam simulasi ini dilaksanakan sesuai dengan apa yang nantinya akan terjadi pada pemungutan dan penghitungan suara mendatang sesuai aturan dan prosedur yang telah ditetapkan oleh KPU pusat.

(Bitro)