KPU Pulang Pisau Gelar Simulasi Pemungutan-Penghitungan Suara

DENNY/BERITA SAMPIT - Suasana Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu Serentak 2024, di Aula Bapedalitbang Pulang Pisau.

PULANG PISAU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pulang Pisau menggelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu Serentak 2024, bertempat di Aula Bapedalitbang Pulang Pisau.

Roby Hudin Ketua KPU Pulang Pisau, Rabu 31 Januari 2024, mengatakan kegiatan simulasi ini sangatlah penting, agar nantinya saat pelaksanaannya tidak menemukan kendala-kendala dan sesuai dengan aturan yang telah disosialisasikan.

“Simulasi ini dilaksanakan secara real seperti hari pelaksanaannya nanti yang akan dilakukan pada saat pemungutan dan penghitungan suara di TPS. Dari simulasi ini kita mengetahui tahapan pelaksanaan saat pemungutan dan penghitungan sehingga tidak ada persoalan maupun tidak memahami teknis pemungutan dan penghitungan suara pada saat tanggal 14 Februari 2024,” jelasnya.

Dirinya meminta kepada seluruh warga di Kabupaten bertajuk Bumi Handep Hapakat ini, agar pada pelaksanaanya nanti, masyarakat dapat memberikan hak pilihnya sesuai dengan arahan dan aturan yang telah ditentukan secara aman dan kondusif.

BACA JUGA:   Pembangunan Jalan Tumbang Nusa untuk Hindari Terputusnya Perekonomian Masyarakat Kalteng-Kalsel

Simulasi itu bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan yang dihadapi pemilih, karena jumlah kartu suara lima dan berukuran besar. “Tentunya kami berharap simulasi pada hari ini, kepada rekan-rekan petugas KPPS bisa menerapkan tugas dan tanggung jawab berdasarkan petunjuk teknis dan SOP yang sudah disampaikan dan diarahkan serta ditetapkan oleh KPU dan Pemerintah RI,” harapnya.

Disamping itu, pada kegiatan ini Ruby katakan, dilakukan pula pengukuran dan penghitungan lama estimasi waktu yang dibutuhkan,mulai dari proses penghitungan suara hingga selesai.

“Semoga penghitungan suara pada hari H mendatang bisa selesai sebelum tengah malam. Dan tentunya kami mengimbau kepada seluruh pemilih juga petugas KPPS untuk menyaksikan live streaming di Facebook KPU Pulang Pisau, agar mempelajari bagaimana teknis pelaksanaannya nanti, sehingga tidak ada lagi kata kebingungan nantinya, dan meminimalisir berbagai macam kendala,” terangnya.

BACA JUGA:   Pembangunan Jalan Tumbang Nusa untuk Hindari Terputusnya Perekonomian Masyarakat Kalteng-Kalsel

Ruby juga sampaikan bahwa pentingnya partisipasi masyarakat dalam proses demokrasi, dan pemilu merupakan hak setiap warga negara untuk menentukan pemimpin yang akan mewakili kepentingan masyarakat.

Kegiatan simulasi dihadiri Pj Bupati Pulang Pisau, Kapolres Pulang Pisau, Danramil Kahayan Hilir, Perwakilan Kejari Pulang Pisau, Ketua KPU dan Komisioner KPU Pulang Pisau, Ketua Bawaslu Pulang Pisau, Kapolsek Kahayan Hilir, Perwakilan Partai Peserta Pemilu, dan Ketua beserta anggota PPK se Kab. Pulang Pisau. (Denny)