Reses Perorangan, Dewan: Akan Tingkatkan Peluang Kerja untuk Putra-Putri Desa

MUHAMMAD SALEH/BERITA SAMPIT -  Anggota DPRD Gunung Mas Evandi.

KUALA KURUN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas Evandi telah melakukan reses perorangan di sejumlah desa di Daerah Pemilihan (Dapil) III yang Meliputi Kecamatan Tewah, Kahayan Hulu Utara (Kahut), Damang Batu, dan Miri Manasa.

“Di desa Dapil III, masalah infrastruktur dan tenaga kerja masih menjadi isu utama. Khususnya, banyak putra-putri desa yang lulus sarjana namun kesulitan mendapatkan pekerjaan,” ungkap Evandi belum lama ini.

Disebutkannya, masyarakat di Dapil III, banyak yang menjadi sarjana. Namun, setelah lulus, mereka menghadapi masalah dalam mencari pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan mereka.

BACA JUGA:   Dewan: Perbaikan Infrastruktur di Dapil III Perlu Perhatikan Pemkab Gunung Mas

“Mereka yang lulus dalam bidang kesehatan, bidang umum dan pendidikan, misalnya, kesulitan mencari pekerjaan yang relevan dengan bidang studi mereka,” tuturnya..

Untuk mengatasi masalah ini kata dia, pemerintah harus mengambil langkah khusus untuk membantu mereka menemukan pekerjaan yang sesuai dengan pendidikan mereka. Salah satu solusinya adalah dengan menjalin kerja sama antara perusahaan dan pemerintah daerah.

Pemerintah daerah dapat memberikan insentif  bagi perusahaan yang merekrut putra-putri desa setempat. Perusahaan-perusahaan ini dapat membantu dengan mengadakan pelatihan khusus untuk putra-putri desa, sehingga mereka dapat meningkatkan keterampilan mereka di bidang tertentu yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan tersebut,”bebernya.

BACA JUGA:   Dewan Tegaskan Penting Terus Pantau Kondisi Anak Melalui Posyandu

Politisi dari Partai NasDem ini mengharapkan, pemerintah setempat dapat membuka lembaga pusat pelatihan khusus untuk membantu putra-putri desa untuk dapat meningkatkan keterampilan mereka. Hal ini juga dapat membantu mengurangi jumlah pengangguran di daerah tersebut.

“Dalam mengatasi masalah peluang kerja bagi putra-putri desa, perlu kerjasama yang kuat antara pemerintah, perusahaan, dan masyarakat setempat. Hanya dengan cara ini, masalah ini dapat diatasi dan putra-putri di Gunung Mas dapat meningkatkan kualitas hidup mereka dengan menjadi mandiri dan membuat sumbangsih positif bagi kehidupan mereka,” tutup Evandi.