Banyak Olahraga Tradisional Kalteng Perlu Untuk Dilestarikan

IST/BERITA SAMPIT - Legislator DPRD Kalteng Ferry Khaidir.

PALANGKA RAYA – Legislator DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng), Ferry Khaidir menyampaikan, olahraga tradisional merupakan merupakan bagian dari budaya yang dimiliki oleh daerah, dan itu jangan sampai hilang begitu saja, meski ditengah perkembangan zaman keberadaannya harus tetap dipertahankan.

Oleh karena itu, ia mendorong pemerintah daerah (pemda) maupun masyarakat untuk dapat terus berupaya melestarikan olahraga tradisional yang ada di Kalteng.

BACA JUGA:   Apresiasi Penanganan Infrastruktur Jalan di Kalteng, Dewan Ingatkan Pemprov Titik Jalan Lainnya Juga Diperhatikan

“Ada banyak olahraga tradisional Kalteng yang perlu untuk dilestarikan seperti balap ketinting, sepak sawut, manyipet, besei kambe dan lain-lain. Semua itu harus bisa kita pertahankan,” ucapnya, Sabtu 3 Februari 2024.

Ia menambahkan, dalam rangka melestarikan olahraga tradisional, tentu harus ada upaya yang dilakukan salah satunya yakni dengan menggelar berbagai event dan itu juga harus dilakukan berkesinambungan dan diprogramkan.

BACA JUGA:   Ketua DPRD Kalteng Hadiri Sidang Terbuka Senat UPR: Wisudawan Harus Mampu Berkontribusi di Tengah Masyarakat

“Apa yang dimiliki oleh daerah, terlebih yang berkaitan dengan budaya jangan sampai dilupakan, apalagi olahraga tradisional ini merupakan salah satu kekayaan daerah yang kita miliki dan perlu dilestarikan,” lugasnya.

Ia berharap, dengan adanya upaya melestarikan olahraga tradisional tersebut ke depan keberadaannya akan tetap ada dan dapat dikenal oleh generasi muda sebagai penerus untuk mempertahankan budaya tersebut. (Hardi)