BPBD Katingan Sebut Curah Hujan Hingga Februari Cukup Tinggi

BITRO/BERITASAMPIT — Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Katingan Markus.

KASONGAN — Curah hujan di wilayah Kabupaten Katingan pada pertengahan bulan Januari hingga Februari ini dinilai cukup tinggi.

Tingginya curah hujan tersebut ditandai dengan hampir setiap hari terjadi hujan di 13 kecamatan di Kabupaten Katingan, termasuk Kasongan yang merupakan Ibu Kota Kabupaten Katingan.

Berdasarkan pantauan Berita Sampit, sejak awal Januari hingga pertengahan Februari ini, sejumlah wilayah di Kabupaten Katingan terus diguyur hujan, baik ringan, sedang hingga lebat.

BACA JUGA:   Satpol PP Katingan Imbau Pengusaha Tidak Menjual Miras Selama Ramadan

Misalnya, dalam beberapa hari terakhir ini hujan terus mengguyur kota Kasongan.
Akibat curah hujan tinggi, Sungai Katingan yang berhulu di wilayah Kecamatan Bukit Raya dan berhilir di Pegatan, Kecamatan Katingan Kuala mulai pasang, namun belum sampai meluap ke permukaan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Katingan Markus, membenarkan jika curah hujan pada Desember 2023 hingga Januari 2024 ini meningkat dibanding sebelumnya.

BACA JUGA:   Pemkab Katingan Imbau Perusahaan Swasta Perhatikan Pembayaran THR Karyawan

Markus mengatakan, berdasarkan prakiraan pihak BMKG Kalteng memang pada saat ini memang curah hujan meninggi dibanding sebelumnya.

“Curah hujan ini diprediksi hingga beberapa bulan kedepan cukup tinggi,” ujarnya, Senin 5 Februari 2024.

Meskipun demikian, menurut Markus meski curah hujan tergolong tinggi, wilayah Kabupaten Katingan hingga saat ini masih aman dari bencana banjir.

(Bitro)