Konektifitas Jalur Udara Tiga Maskapai Baru, Membawa Berkah untuk Peningkatan Perekonomian di Kobar (Bagian 1)

IST/BERITA SAMPIT : Pj Bupati Kobar H. Budi Santosa didampingi Plh Sekda Kobar Juni Gultom, foto bersama Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin dan Direktur Utama Citilink Dewa Kadek Rai, serta Unsur Forkopimda Kobar.

Oleh: Maman Wiharja (Wartawan Senior_beritasampit.com )

Seiring dengan menggeliatnya pembangunan diberbagai sektor, ditambah semakin meningkatnya jumlah investor baik yang sudah matuh (tetap) dan siap membidik dengan menanamkan investasinya di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Kalteng, juga dengan berkembangnya jumlah penduduk. Maka dengah hadirnya 3 maskapai penerbangan baru yang masuk melaksanakan aktivitasnya di Bandara Iskandar Pangkalan Bun, pengamatan penulis diprediksi konektifias jalur udara dari Pangkalan Bun menuju dunia luar, Insya Allah akan membawa ‘berkah’, untuk peningkatan pembangunan, khususnya pembangunan sektor perekonomian di Kabupaten Kobar.

Adalah Pj Bupati Kabupaten Kobar Dr. Drs. H. Budi Santosa Sudarmadi, MSi dan Plh Sekda Kobar Prof. Dr. Ir. Juni Gultom, MT.MTP, tentunya merupakan ‘ujung tombak’ yang memiliki peranan penting dalam program  penambahan 3 maskapai penerbangan yang membuka jalur Pangkalan Bun ke dunia luar.

Program rencana akan ada penambahan maskapai baru, menurut Pj. Bupati Kobar H. Budi Santosa Sudarmadi, melalui Plh. Sekda Kobar Juni Gultom saat dikonfirmasi penulis mengatakan tentunya tidak semudah ‘membalikan telapak tangan’, karena diperlukan pangkajian dan telaah yang cukup panjang. Antara lain, menampung berbagai sorotan dan kritik tajam serta masukan dari DPRD, terkait permintaan penambahan maskapai baru, yang akan berdampak kepada prekonomian di Kobar semakin meningkat. Disusul pula, dari berbagai keluhan khususnya dari masyarakat yang juga sama minta kepada Pemkab Kobar, untuk segera menambah maskapai penerbangan baru.

BACA JUGA:   Antisipasi Praktik Curang, Satreskrim Polres Kobar Cek Tiga SPBU

Atas dasar tersebut, setelah Pemkab Kobar menampung berbagai aspirasi yang sama, yakni minta penambahan maskapai baru.  Maka lanjut Juni Gultom Pemkab Kobarpun, sudah beberapa kali menggelar rapat koordinasi, dengan berbagai pihak antara lain Dinas Perhubungan , pihak Bandara Iskandar, sejumlah maskapai yang dihadiri DPRD, bahkan Ketua PWI dan beberapa wartawan anggota PWI , juga ikut hadir.

Setelah mengantongi hasil rapat kordinas , Pemkab Kobar bersama dinas terkait terbang ke Jakarta, untuk konsultasi dengan pihak Kementerian yang terkait  dan negoisasi dengan pihak maskapai penerbangan di Jakarta.

Akhirnya etelah maskapai Nam Air terlebih dulu masuk ke Pangkalan Bun, pada Jumat 5 Januari 2024, menyusul pesawat Citilink Air Bus A320 mendarat mulus di landasan Bandara Iskandar Pangkalan Bun, yang membawa penumpang dari Jakarta sekitar 138 penumpang, termasuk Mukhtarudin Anggota Komisi VII DPR RI bersama Direktur Utama Citilink Dewa Kadek Rai.

BACA JUGA:   Berdiri Tahun 1961 dengan Modal Dasar Rp10 Juta, Bank Kalteng Sekarang Berhasil Menumbuhkan Aset Sampai Rp15,19 Triliun (Bagian 02)

Saat pesawat Citilink Air Bus A320 mendarat, kemudian masuk ke  airport terminal langsung disambut 2 semprotan siraman air dari 2 mobil Tangki (Damkar), sambutan hangat pun disusul oleh Pj. Bupati Kobar H. Budi Santosa Sudarmadi didampingi Plh. Sekda Kobar Juni Gultom dan Unsur Forkopimda Kabupaten Kobar.

Melihat Muktarudin, ikut sebagai penumpang, lagi sejumlah awak media pun  langsung meminta pendapatnya.

“Alhamdulillah sekarang ada rute baru sudah beropersi, dan saya berharap kedepan ada tambahan rute baru lagi, entah itu Semarang atau Surabaya,” ujar Mukhtarudin yang murah senyum.

Lanjut Mukhtarudin, dibukanya penerbangan baru yang menghubungkan Pangkalan Bun dengan Jakarta, diharapkan dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya pada peningkatan ekonomi masyarakat di Kobar dan sekitarnya,” imbuhnya.

Seraya menambahkan, dengan adanya penambahan maskapai baru Citilink telah menunjukan adanya sinergi yang kuat antara pemerintah daerah dan stakeholder terkait. Dan berharap peningkatan penumpang di Bandara Iskandar Pangkalan Bun juga semakin meningkat. Sehingga, pihaknya salaku anggota DPR RI siap akan mendorong penambahan maskapai di rute yang lainnya. (Bersambung)