Konektifitas Jalur Udara Tiga Maskapai Baru, Membawa Berkah untuk Peningkatan Perekonomian di Kobar (Bagian 2)

Ilustrasi Foto Kang Maman.

Oleh: Maman Wiharja (Wartawan Senior_beritasampit.com)

Setelah acara Penyambutan dan silaturahmi bersama Direktur Citiling Airbus A320, Pj Bupati Kobar H. Budi Santosa Sudarmadi mengatakan kepada sejumlahawak media, bahwa dengan adanya penambahan maskapai Citilink merupakan upaya bersama antara stakeholder, forkopimda dan seluruh organisasi terkait dalam meneruskan permohonan masyarakat untuk dapat menambah armada penerbangan baru di Bandara Iskandar Pangkalan Bun.

“ Tadi saya juga menyampaikan kepada Pak Ray selaku Direktur Citilink untuk dapat menambahkan rute dari Palangkaraya ke Sampit dan Sampit-Pangkalan Bun (PP). Pihak Vitilink akan mempertimbangkan hal tersebut,” kata Budi Santosa.

Seraya menambahkan, nanti kedepannya menyusul ada maskapai Batik Airbus A.320 yang akan masuk ke Bandara Iskandar Pangkalan Bun. Hal ini merupakan kabar baik bagi warga Pangkalan Bun karena banyak masyarakat yang sering berpergian, bukan hanya warga lokal Pangkalan Bun tapi ada 5  Kabupaten yang berpergian melalui Bandara Iskandar Pangkalan Bun.

Mantan Bupati Kobar H.Ujang Iskandar, yang juga ikut acara penyambutan Citilink dan selaku tokoh masyarakat, menyampaikan apresiasinya kepada Pemkab Kobar, khususnya kepada Pj Bupati H Budi Santosa yang telah bekerjasama dengan unsur Forkopimda yang didukung oleh masyarakat atas penambahan maskapai Citilink.

“Semoga kinerja yang dilakukan oleh Pj Bupati ini dapat menjadi contoh untuk penerus pimpinan selanjutnya,”tutup Ujang Iskandar disela sesi wawancara dengan awak media usai peresmian penerbangan Citilink.

Sementara itu, Direktur Utama Citilink Dewa Rai dalam rilisnya mengatakan, pembukaan rute baru ini merupakan bentuk komitmen Citilink dalam memenuhi kebutuhan masyarakat di Kalimantan Tengah terhadap aksesibilitas transportasi udara.

BACA JUGA:   Kapolres Kobar Hadiri Launching Rute Baru Maskapai Batik Air

Rute ini, lanjut Dewa Rai, diharapkan dapat makin meningkatkan konektivitas antar pulau, yakni Kalimantan dengan Jawa.

Penerbangan rute baru ini beroperasi menggunakan pesawat Airbus A320, dengan frekuensi penerbangan sebanyak tiga kali dalam sepekan, yakni setiap Senin, Rabu, dan Jumat.

Orang nomor satu di maskapai Citiling berharap, rute baru ini dapat mempermudah mobilitas masyarakat, serta dapat memperlancar pendistribusian logistik antar kedua daerah.

Inilah jadwal penerbangan Citilink Jakarta-Pangkalan Bun/PP;

Pesawat dengan nomor penerbangan QG 470 berangkat dari Bandara Internasional Soekarno Hatta, Jakarta pukul 05.40 WIB, dan tiba di Bandara Iskandar, Pangkalan Bun pukul 07.00 WIB.

Sementara pesawat dengan nomor penerbangan QG 471 berangkat dari Bandara Iskandar, Pangkalan Bun pukul 07.30 WIB, dan tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Jakarta pukul 08.50 WIB.

Plh Sekda Kobar Juni Gultom, atas nama Pj Bupati Kobar juga mengatakan, masuknya maskapai penerbangan Citilink Airbus A320 merupakan pemenuhan akomodasi udara, dimana masuknya maskapai tersebut untuk solusi yang selama ini di keluhan masyarakat yakni minimnya penerbangan dari Pangkalan Bun ke Jakarta.

“Kami berusaha memenuhi apa yang menjadi kebutuhan masyarakat, salah satunya adalah transportasi udara rute Jakarta-Pangkalan Bun/PP. Alhamdullilah bersyukur, Pemkab Kobar sudah memenuhi apa yang dikeluhkan masyarakat,“ kata Juni, kepada sejumlah awak media.

BACA JUGA:   Kapolres Kobar AKBP Yusfandi Usman Menerima Penghargaan Inspiring Profesional and Leadership Awards 2024 dari Asean Choise

Menurut Juni Gultom, di bulan Februari 2024 ini akan ada lagi kabar gembira buat masyarakat Kobar, dan kabupaten tetangga lainnya. Karena setelah Citiling, akan bertambah lagi maskapai baru yakni Batik Air Bus A320  nanti 6 Februari 2024 masuk ke Bandara Iskandar Pangkalan Bun.

“Mudah-mudahan dengan masuknya pesawat Batik Air ruet Surabaya-Pangkalan Bun dan sebaliknya ini, bisa membawa dampak perekonomian yang membaik di kabupaten Kotawaringin Barat, khususnya untuk layanan-layanan transportasi udara,” ujarnya, Kamis 25 Januari 2024.

Dijadwalkan, penerbangan perdana Batik Air menggunakan pesawat Airbus A320 di Bandara Iskandar Pangkalan Bun, pada 16 Februari 2024. Untuk waktunya, dari Surabaya-Pangkalan Bun pukul 09.30 WIB, sementara penerbangan Pangkalan Bun-Surabaya pada pukul 11.20 WIB.

Juni menambahkan kemudahan transportasi udara diharapkan pula memberikan multiplayer effect terhadap peningkatan pariwisata, industri, pertanian, perkebunan termasuk masyarakat yang berkecimpung di bidang jasa.

Semoga dengan layanan baru dari Maskapai Batik Air memberikan yang terbaik bagi seluruh masyarakat . Pemerintah Daerah mengucapkan terimakasih atas dukungan semua pihak untuk peningkatan layanan di Kobar.

“Khususnya Kepada Bapak Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Bapak Gubernur Provinsi Kalteng dan Unsur Forkopimda yang telah membantu sehingga konektifitas jalur udara 3 maskapai penerbangan membuka Pangkalan Bun menuju dunia luar, yang nantinya akan membawa berkah, untuk peningkatan perekonomian di Kabupaten Kobar,“ ungkap Juni Gultom. (Selesai)