Meningkatkan Keamanan Dalam Pemilu Melalui Simulasi Tactical Floor Game

MUHAMMAD SALEH/BERITA SAMPIT - Kabagops Polres Gunung Mas Kompol Budiono saat memaparkan simulasi pengamanan pemilu 2024 dengan Tactical Floor Game (TFG).

KUALA KURUN – Polres Gunung Mas, Kalimantan Tengah menggelar kegiatan Tactical Floor Game (TFG) di TPS 12 Jalan Temanggung Panji Kuala Kurun. Kegiatan ini sebagai upaya untuk melatih penanggulangan dan penanganan keamanan pada kegiatan Pemilu 2024 yang akan diselenggarakan pada hari Rabu, 14 Februari 2024 mendatang.

Dalam hal ini, Polres Gunung Mas didukung oleh unsur TNI dan Pemerintah Daerah Kabupaten Gunung Mas, bersinergi serta bersatu padu demi kelancaran pelaksanaan Pemilu 2024 yang akan diselenggarakan oleh KPU dan diawasi oleh Bawaslu Kabupaten Gunung Mas.

“Untuk pengamanan Pemilu yang akan datang, Polres Gunung Mas akan menurunkan kekuatan personel sebanyak 193 orang (2/3 kekuatan Polres) dan didukung 30 orang dari unsur TNI serta 31 dari BKO Satbrimob dan Ditsamapta Polda Kalteng,”ungkap Kapolres Gunung Mas AKBP Theodorus Priyo Santosa belum lama ini.

BACA JUGA:   Macan Gunung Mas Bukber Bersama Masyarakat

Kekuatan-kekuatan tersebut kata dia, dihadirkan sebagai upaya mencegah suatu kejadian atau kontijensi yang mengarah pada perbuatan anarkis hingga kerusuhan yang diciptakan oleh oknum-oknum yang ingin menggagalkan Pemilu maupun keamanan lainnya.

“Pengacau yang memanfaatkan momen pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang nantinya dapat diatasi oleh kekuatan Polres Gunung Mas dan unsur pendukungnya,” tuturnya.

Dalam kegiatan TFG ini, Kabagops Kompol Budiono akan menyampaikan gambaran penanganan situasi dari keamanan terkendali (kondisi/eskalasi hijau) hingga situasi keributan (kondisi/eskalasi kuning) serta rusuh masa atau perbuatan anarki (eskalasi merah).

BACA JUGA:   Bansos Polres Gunung Mas, Wujud Kepedulian dan Kemitraan dengan Masyarakat

“Kegiatan simulasi ini diharapkan dapat melatih personel KAM dalam merespon situasi yang berkaitan dengan keamanan dalam Pemilu,” bebernya.

Orang nomor satu di Polres Gunung Mas ini menyebutkan, dalam menghadapi Pemilu 2024, dibutuhkan upaya dan kerja sama dari seluruh pihak untuk menjaga keamanan dan kelancaran pelaksanaan Pemilu.

“Melalui kegiatan TFG, diharapkan dapat membuka wawasan dan mempersiapkan personel KAM dengan baik agar dapat merespon dan menangani situasi yang mungkin terjadi selama pelaksanaan Pemilu 2024. Saya mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjaga keamanan dalam pelaksanaan Pemilu 2024,” tutup AKBP Theodorus Priyo Santosa. (Ale)