KPU Pulang Pisau Distribusikan Logistik Pemilu 2024

DENNY/BERITA SAMPIT - Foto bersama Ketua KPU beserta Forkopimda Pulang Pisau usai keberangkatan logistik Pemilu 2024 ke 8 Kecamatan di seluruh Pulang Pisau.

PULANG PISAU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pulang Pisau melaksanakan kegiatan distribusi logistik Pemilu 2024 di halaman Gedung Kristiani Center Pulang Pisau, Senin 12 Februari 2024.

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua KPU Kabupaten Pulang Pisau, Robby Hudin beserta anggotanya, Kapolres Pulang Pisau AKBP Mada Ramadita, Pabung 1011/KLK Pulang Pisau, Mayor Inf Praptomo, Ketua Bawaslu, Zahrotul Mufidah beserta anggotanya, Danramil 1011-15 Kapten Arh Parluhutan Sirait, PJU Polres Pulang untuk dan jajaran Kapolsek se-Kabupaten Pulang Pisau.

Ketua KPU Kabupaten Pulang Pisau Robby Hudin mengatakan bahwa dalam distribusi logistik Pemilu tahun 2024 ini dilakukan dengan dua tahap dan tiga jenis distribusi. Dimana tahap pertama dilepas pada pagi hari dn tahap kedua dilepas pada siang hari.

”Khusus untuk kecamatan Kahayan Hilir distribusi logistik Pemilu tahun 2024 tetap dilepas, namun tetap disimpan di Gedung Kristiani Center ini karena masih dalam wilayah kecamatan Kahayan Hilir dan pada saatnya nanti PPK akan mendistribusikannya di wilayah desa dan kelurahan di kecamatan Kahayan Hilir,” ucapnya.

BACA JUGA:   Pembangunan Jalan Tumbang Nusa untuk Hindari Terputusnya Perekonomian Masyarakat Kalteng-Kalsel

Robby menegaskan bahwa hari ini merupakan tiga hari menuju pemungutan suara, dan ada jeda waktu dua hari bagi kami untuk menyiapkan seluruh proses pelaksanaan distribusi sampai dengan hari H.

”Kegiatan hari ini merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam proses penyelenggaraan pemilihan umum,” kata Robby Hudin.

Pada tahap pertama distribusi logistik Pemilu 2024, kata Robby, yakni didistribusikan ke kecamatan Banama Tingang sebanyak 33 TPS diangkut oleh 2 truk, Kahayan Tengah sebanyak 29 TPS diangkut menggunakan 2 truk, Sebangau Kuala 26 TPS menggunakan 2 truk, Kahayan Kuala 63 TPS menggunakan 4 truk, Kecamatan Pandih Batu sebanyak 69 TPS diangkut menggunakan 4 buah truk.

”Jadi distribusi logistik Pemilu tahap pertama pada pagi ini memberangkatkan 14 buah truk untuk mengangkut logistik Pemilu 2024 di lima kecamatan, yakni Banama Tingang, Kahayan Tengah, Pandih Batu, Sebangau Kuala, dan Kahayan Kuala, ” jelasnya.

BACA JUGA:   Pembangunan Jalan Tumbang Nusa untuk Hindari Terputusnya Perekonomian Masyarakat Kalteng-Kalsel

Kemudian pada tahap kedua kata Robby, akan kembali diberangkatkan 6 buah truk mengangkut logistik Pemilu untuk kecamatan Jabiren Raya dan Maliku.

”Sementara distribusi logistik Pemilu untuk kecamatan Kahayan Hilir juga dilepas secara simbolis, namun kembali disimpan di Gedung Kristiani Center dan pada saatnya nanti akan didistribusikan ke desa dan kelurahan di kecamatan Kahayan Hilir oleh PPK,” tegasnya.

Robby Hudin juga menyampaikan bahwa logistik yang didistribusikan ini terdiri dari 68 item jenis logistik Pemilu.

”Mungkin yang paling sering terdengar itu adalah tiga logistik, yakni kotak suara, bilik suara dan surat suara. Namun didalam kotak suara itu terdapat perlengkapan lain yang membantu KPPS dalam pelaksanaan proses pemungutan dan penghitungan suara.

”Jadi ada 68 item jenis logistik ditambah item-item lain yang tujuannya untuk melengkapi kebutuhan di tingkat TPS. Kami berharap seluruh logistik yang dikirim hari ini dapat sampai dengan aman, lancar dan selamat sesuai yang telah direncanakan,” pungkasnya. (Denny).