TMMD Reguler ke-119 Kodim Palangka Raya Telah Dimulai

IST/BERITA SAMPIT - Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia L.P Umbing didampingi Dandim 1016 Palangka Raya Kolonel Czi Wiwid Wahyu Hidayat saat memberikan paket bantuan untuk Desa Pajar Harapan.

KUALA KURUN – Wujudkan Kolaborasi percepatan pembangunan wilayah, program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-119 Kodim 1016 Palangka Raya resmi dibuka dengan diadakannya upacara pembukaan di Lapangan SMPN 3 Manuhing, Desa Bangun Sari, Kecamatan Manuhing Kabupaten Gunung Mas, Senin 19 Februari 2024.

Upacara pembukaan TMMD Reguler ke-119 Kodim Palangka Raya yang dilaksanakan di lapangan SMPN 3 Manuhing, Desa Bangun Sari, Kecamatan Manuhing tersebut dipimpin langsung oleh wakil Bupati Gunung Mas Efrensia L.P Umbing.

Dandim 1016 Palangka Raya Kolonel Czi Wiwid Wahyu Hidayat menjelaskan, TMMD Reguler tersebut merupakan bagian dari program operasi Bhakti TNI yang bertujuan untuk mempercepat pembangunan wilayah.

“Kegiatan yang bertemakan “Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan Di Wilayah” ini melibatkan TNI, kementerian/lembaga pemerintah non-kementerian, pemerintah daerah serta seluruh lapisan masyarakat,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Pemkab Gunung Mas Gelar Rembuk Stunting 2024

Program TMMD Reguler ke-119 kata dia, akan dilaksanakan selama 30 hari mulai dari 20 Februari hingga 20 Maret 2024. Dimana salah satu upaya yang dilakukan adalah melaksanakan pembangunan fisik dan non-fisik, seperti peningkatan poros badan jalan, pembuatan jembatan, pembuatan sumur bor untuk warga sekitar yang membutuhkan air bersih, serta penanaman jagung untuk meningkatkan ketahanan pangan.

“Melalui TMMD ini, ada juga perpaduan program unggulan KASAD dengan Kegiatan TMMD Reguler yaitu pembuatan Sumur Bor untuk masyarakat sekitar dan penanaman jagung untuk ketahanan pangan. Serta sasaran tambahan rehab 1 unit rumah tidak layak huni (RTLH) milik masyarakat, rehab Mushola Nurul Huda, penanaman bibit pohon, pemberian bantuan anak Stunting, pemberian bantuan kepada masyarakat kurang mampu, dan pemberian bibit jagung kepada petani,” tuturnya.

BACA JUGA:   Pemkab Gunung Mas Tingkatkan Produksi Sektor Pertanian melalui Program Kemitraan

Disembuhkannya, anggota satgas TMMD akan beroperasional mengerjakan program unggulan Kasad Pembuatan Sumur Bor Untuk warga sekitar yang sangat membutuhkan air bersih dan Peningkatan Poros Badan Jalan yang telah dikerjakan dari Senin(12/02/24) lalu saat pelaksanaan pra TMMD Reguler Kodim 1016 Palangka Raya.

TNI manunggal membangun desa merupakan suatu wujud yang menggambarkan bahwa kebersamaan TNI Rakyat masih terus terpelihara dan dijaga yang sering didengungkan di persada Nusantara yaitu Semangat Kemanunggalan TNI dan Masyarakat,” bebernya. (Ale)