PDIP Makin Kuat di Kotim, Kursi di DPRD Berpotensi Bertambah

NARDI/BERITASAMPIT - Pemungutan suara disalah satu TPS di Kotim.

SAMPIT – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) semakin kuat di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), berdasarkan data dari perhitungan cepat perolehan suara DPRD Kabupaten yang dihimpun Berita Sampit, Rabu 21 Februari 2024.

Dengan Ketua DPC PDIP Kotim Halikinnnor, nampak mereka mendominasi di setiap daerah pemilihan (Dapil) yang berpotensi menambah kursi mereka yang tadinya ada tujuh, kali ini diprediksi akan bertambah menjadi 10 kursi.

Dapil 1 tersedia 10 kursi, meliputi kecamatan Mentawa Baru Ketapang mereka berpotensi meraih tiga kursi, yang mana saat ini hanya mempunyai satu kursi saja.

Dengan suara tertinggi yaitu Angga Aditya Nugraha, kemudian Ahyar, dan Modika Latifah Munawarah diprediksi bakal duduk di DPRD Kotim.

Bertambahnya kursi mereka berpotensi menggeser satu kursi milik Hanura dan satu kursi PAN.

BACA JUGA:   Kelompok Tani di Cempaga Tegas Meminta PT BSP Segera Selesaikan Ganti Rugi Lahan yang Belum Dibayar

Untuk Dapil 2 tersedia delapan meliputi Kecamatan Baamang dan Seranau mereka diprediksi bisa bertahan dengan dua kursi, akan diisi pensiunan Lurah Baamang Barat, Paliansyah dan posisi kedua masih bersaing sengit nama Yohanes Aridian Hernan, Rinie, atau Sugito.

Dapil 3 tersedia enam Kursi, meliputi Kecamatan Mentaya Hilir Utara, Mentaya Hilir Selatan, Teluk Sampit dan Pulau Hanaut.

PDIP diprediksi hanya meraih satu kursi di Dapil ini, dengan suara terbanyak masih bersaing antara M Hafizh atau Linda.

Dapil 4 meliputi Kecamatan Kota Besi, Cempaga, Cempaga Hulu, dan Telawang, tersedia 7 kursi, PDI P sekarang diisi tokoh kuat dan berpotensi dapat mempertahankan dua kursi mereka, yang memiliki suara terbanyak yaitu Parimus dan Devi.

Kemudian Dapil 5, kali ini tersedia sembilan kursi, meliputi Kecamatan Parenggean, Telaga Antang, Antang Kalang, Tualan Hulu, Bukit Santuai, Mentaya Hulu.

BACA JUGA:   Gugatan MK Pengurangan Masa Jabatan Kepala Daerah Masih Alot

PDIP berpotensi meraih dua kursi, suara terbanyak yaitu diisi oleh nama Rimbun yang merupakan tokoh kuat dapil 4 kemudian pindah ke dapil ini dan Seto Hadi.

Sebelumnnya, Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kotim Halikinnor tidak mau berkomentar banyak terkait raihan kursi DPRD Kotim, karena saat ini masih rekapitulasi tingkat kecamatan.

“Insya Allah,” ucap Halikinnor saat ditanyakan apakah kursi PDI Perjuangan akan bertambah nantinya, Senin 19 Februari 2024.

Ia menyampaikan saat ini masih tahapan rekapitulasi kecamatan sehingga tidak mau berkomentar banyak.

Terkait data internal rekapitulasi ia menilai itu hanya ancang-ancang saja, dan menuggu hasil resmi KPU, biarkan rekapitulasi selesai dahulu.

(Nardi)