BMKG Kotim Perkirakan Cuaca Berawan Hingga Hujan Lebat Sepekan ke Depan

IBRAHIM/BERITA SAMPIT- Hujan lebat di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur.

SAMPIT- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) melaporkan adanya hujan sedang hingga lebat selama satu Minggu ke depan.

“Untuk satu minggu ke depan masih berpotensi hujan sedang hingga lebat untuk di Wilayah Kotim,” ujar Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Haji Asan Kotim Musuhanaya melalui Adminnya Informasi WhatsApp, Kamis 22 Februari 2024.

Dijelaskan kondisi cuaca di wilayah Kotim selama satu Minggu ke depan diprakirakan berawan, berpotensi hujan ringan hingga sedang. Sementara di wilayah utara intensitas hujan berpotensi lebih tinggi, seperti Kecamatan Mentaya Hulu, Bukit Santuai, Telaga Antang, Parenggean.

BACA JUGA:   Dilaporkan PT SCC Padahal yang Diklaim Lahan yang Tidak Pernah Diganti Rugi

“Intensitas sedang hingga lebat cukup memungkinkan di wilayah utara, sehingga otomatis ada potensi penambahan muka air,” bebernya.

Sementara itu masyarakat diimbau waspada terhadap potensi bencana yang ditimbulkan, seperti genangan air, banjir, tanah longsor, dan pohon tumbang.

Lanjutnya, saat ini Kotim masih diliputi musim hujan yang diprakirakan berlangsung hingga Maret 2024. Jika mengacu pada siklus cuaca tahun-tahun sebelumnya, diprakirakan memasuki bulan April-Mei baru ada penurunan intensitas hujan.

BACA JUGA:   Ketua BEM STIH Sampit Ungkap Kriteria Calon Bupati Kotim Dari Sudut Pandang Mahasiswa

“Kalau melihat peta tinggi muka air tadi pagi sekitar 2,75 meter di atas permukaan tanah, apabila sampai satu Minggu ke depan masih hujan, maka potensi peningkatan muka air bisa dibilang cukup besar, sehingga masyarakat perlu waspada,” pungkasnya.

Sementara di Sampit dua hari ini cuacanya berawan dan hujan ringan, sementara di wilayah Utara juga cuaca hujan. (Ibra)