Pertanian Memiliki Peran Strategis dalam Pembangunan

Hardi/BERITA SAMPIT - Legislator Kalteng HM Sriosako

PALANGKA RAYA – Legislator Kalteng HM Sriosako menyampaikan, sektor pertanian sangat penting dalam pembangunan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sehingga hal itu perlu diperhatikan.

Oleh karena itu ia mendorong, upaya peningkatan produktivitas pertanian daerah yang dilakukan oleh pemerintah daerah (pemda) di Provinsi Kalteng.

“Pertanian memiliki peran strategis dalam pembangunan, maka dari itu produktivitas pertanian ini perlu ditingkatkan untuk mencapai kemandirian pangan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ucapnya, Jumat 23 Februari 2024.

BACA JUGA:   Pembangunan Jaringan Listrik di Wilayah Kalteng Agar Dikebut

Ia menambahkan, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk meningkatkan produktivitas pertanian daerah, salah satunya yaitu peningkatan akses petani terhadap teknologi pertanian modern dan inovatif.

Selain itu, pendidikan dan pelatihan bagi petani juga menjadi hal yang penting agar mereka dapat mengimplementasikan praktik pertanian yang lebih efisien dan berkelanjutan.

Di sisi lain, ia juga menekankan bahwa pentingnya meningkatkan produktifitas pertanian yaitu untuk memperkuat ketahanan pangan serta menekan inflasi yang masih kerap terjadi di Kalteng.

BACA JUGA:   Anggota DPRD Kalteng Apresiasi Kepolisian Ungkap Kasus Pencurian Pecah Kaca Mobil

“Akses masyarakat untuk medapatkan pupuk atau bibit juga agar diperhatikan, kapan perlu mendukung dengan memberikan bantuan. Kita ingin sektor pertanian di Kalteng ini kedepan mampu menjadi penyangga pangan daerah bahkan nasional,” tandasnya. (Hardi)