Rapat Verifikasi Data PT SCC dan Koperasi Kelompok Diwil Cs Digelar Hari Ini

JIMMY/BERITASAMPIT - Mediasi antara PT SCC dan kelompok Diwil Cs di Pemkab Kotim.

SAMPIT – Rapat verifikasi data PT Sinar Citra Cemerlang dengan Koperasi Itah Epat Hapakat atau Kelompok Diwil Cs digelar hari ini di Aula Rapat Setda Kotawaringin Timur, Senin 26 Februari 2024.

Rapat hari ini digelar untuk kembali membuka dan memaparkan data yang dimiliki oleh kedua belah pihak kepada Pemkab Kotim yang memfasilitasi rapat tersebut, terakhir mediasi keduanya digelar 23 Januari kemarin.

Adapun berita acara hasil rapat mediasi pada saat itu antara koperasi Itah Epat Hapkat kelompok Diwil Cs dengan PT Sinar Citra Cemerlang Nomor : 500.8/64SETDA.SDA/2024 menghasilkan beberapa poin yakni.

1. PT ACC dengan koperasi Itah Epat Hapakat (Kelompok Diwil Cs) bersepakat dilakukan verifikasi alas hak pada lahan kebun kurang lebih 643,84 hektare yang dituntut Diwil Cs yang berada dalam perjanjian HGU PT SCC.

BACA JUGA:   Seorang Wanita Ditemukan Tewas Gantung Diri di Desa Pelantaran

2. ⁠PT SCC dengan kelompok Diwil Cs akan menyerahkan berkas alias hak di areal yang menjadi objek klaim lahan sebagaimana peta terlampir yang dibuat tanggal 31 Mei 2023 yang dituntut oleh saudara Diwil Cs dalam waktu dua minggu terhitung sejak 24 Januari 2024 sampai 7 Februari 2024.

3. ⁠Pemkab Kotim akan merapatkan kembali setelah selesai melakukan verifikasi pada lahan yang menjadi objek sengketa kedua belah pihak selambat-lambatnya satu bulan terhitung sejak 24 Januari 2024.

BACA JUGA:   Lurah Baamang Hulu: Belum Ditemukan Pungli Saat Sidak SPBU KM 8, Pengelola Parkir Harus Ditinjau Kembali

4. ⁠Masing-masing pihak menjaga kondusifitas, keamanan, dan ketertiban serta tidak melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan ketentuan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

“Hari ini kita lanjutkan sesuai jadwal undangan oleh Pemkab Kotim pukul setengah dua siang ini,” kata Khilda Handayani kuasa hukum Diwil Cs.

Terpantau saat ini kelompok Diwil Cs beserta tim kuasa hukum serta tim kuasa pihak PT SCC juga hadir, sementara itu Rudy Kamislam Kepala Bagian Ekonomi dan SDA Setda Kotim juga terlihat.

Selain itu Kepala DPMPTSP Diana Setiawan juga turut berada di lokasi bersama Alang Arianto Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kotim.

(Jimmy)