Hasil Pleno Belum Diumumkan, Sejumlah Parpol Sudah Klaim Kursi DPRD Palangka Raya

IST/BERITASAMPIT - Logo partai Golkar, Demokrat dan PKB.

PALANGKA RAYA – Sejumlah partai politik (Parpol) mengklaim telah mendapatkan kursi DPRD Kota Palangka di pemilihan legislatif (Pileg) 2024 ini. Meskipun hasil pleno perhitungan suara masih terus berlangsung ditingkat kecamatan.

Sejumlah Parpol tersebut yakni, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Golongan Karya (Golkar) dan Partai Demokrat. Salah satu dari tiga parpol tersebut bahkan mengklaim telah mengamankan kursi ketua DPRD Palangka Raya.

Baru-baru ini, Ketua DPC PKB Kota Palangka Raya Sugianor mengklaim telah memperoleh tiga kursi DPRD Palangka Raya. Klaim tersebut berdasarkan data C1 yang di pegang oleh pihaknya.

“Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mendapatkan 3 kursi berdasarkan hasil C1 dan sudah cukup untuk membuat 1 Fraksi,” kata Sugianor, Selasa 27 Februari 2024.

Sugianor menyebut, perolehan tiga kursi tersebut didapat di setiap dapil di Kota Palangka Raya. Dimana caleg PKB mendapatkan masing-masing satu kursi di dapil I, II dan III.

“Dalam pemilihan suara tahun 2024, kami berharap dapat memenangkan satu kursi, sehingga akan memperoleh satu fraksi,” kata Sugianor, Selasa 27 Februari 2024.

BACA JUGA:   Ribuan Jamaah Padati Masjid Agung Kecubung Darurrahman Kota Palangka Raya

Selain itu, Ketua DPD partai Golkar Palangka Raya Fairid Naparin telah memastikan meraih tujuh kursi DPRD Palangka Raya di Pileg tahun ini. Kepastian itu didapat dari data C 1 yang di himpun dari tiap TPS di tiga Dapil di Kota Palangka Raya.

Bukan hanya itu, dari perolehan tujuh kursi itu, Golkar juga telah mengamankan kursi ketua DPRD Kota Palangka Raya.

“7 kursi pasti sebelum pemilihan suara ulang (PSU) di Dapil II. Yang pasti untuk ketua DPRD insya Allah sudah aman. Karena anggap PSU di dapil II

Kami di 6 kursi,” kata Fairid saat di konfirmasi pada 21 Februari 2024 lalu.

Fairid menyebut, perolehan tujuh kursi tersebut di dapat dari semua dapil yakni dapil I, II dan dapil III di Kota Palangka Raya.

“Untuk sementara yah, di Dapil I, dua kursi, Dapil II (sebelum PSU dua kursi) sekarang karena PSU maka di hitung satu kursi dulu aja. Dapil III, tiga kursi sudah pasti, masih progres ke empat tetapi masih pleno,” ujarnya.

BACA JUGA:   Pasar Ramadan, Tempat Berburu Menu Berbuka Puasa Sembari Ngabuburit

Sementara partai Demokrat juga mengklaim telah meraih tiga kursi DPRD Palangka Raya di Pileg tahun ini. Hal itu di sampaikan langsung oleh Wakil Ketua I DPD Partai Demokrat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Basirun B Sahepar.

Basirun mengatakan, Raihan tiga kursi tersebut berdasarkan hasil perhitungan dari data C-1 yang dilakukan oleh partai.

“Saat ini, bendahara DPD Partai Demokrat Provinsi Kalimantan Tengah, Hatir Sata Tarigan, yang akan mendapatkan jatah satu kursi di Dapil I,” kata Basirun 20 Februari 2024 kemarin

Di Dapil Palangka Raya III yang meliputi Kecamatan Pahandut dan Sebangau dengan alokasi 12 kursi, Partai Demokrat juga mengkalaim mendapatkan jatah dua kursi.

“Partai Demokrat berhasil mendapat dua jatah kursi anggota DPRD Kota Palangka Raya di dapil III, Kedua kursi tersebut diraih oleh saya sendiri (Basirun B Sahepar) dan Debora Holdae Veronika,” ujarnya.

(Syauqi)