Gelar GPM Saat Bulan Ramadan, DKPP Katingan Kerja Sama dengan Bulog Regional Kalteng

BITRO/BERITASAMPIT — Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Katingan, Mozard D Staing.

KASONGAN — Melonjaknya harga pangan di Kabupaten Katingan saat ini membuat Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Katingan bekerja sama dengan Bulog Regional Kalteng menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) saat bulan Ramadan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Katingan, Mozard D Staing mengatakan, GPM yang dilaksanakan bersama Bulog Regional Kalteng, merupakan permintaan melalui surat dan disetujui pihak Bulog, sehingga GPM dapat terlaksana di Kasongan.

“GPM ini didasari kenaikan harga di pasaran, dan itu terjadi secara nasional, sehingga kami menyurati Bulog dan disetujui untuk dilaksanakan di lapangan Gagak Lurus Kasongan,” Ungkap Mozard D. Staing. Jumat 1 Maret 2024.

BACA JUGA:   Pemkab Katingan Imbau Perusahaan Swasta Perhatikan Pembayaran THR Karyawan

Selain itu, kata dia paket sembako yang di jual kepada masyarakat seperti beras 5 kg dengan harga Rp. 57.500 dimana masyarakat dibatasi pembeliannya dengan 10 kg atau dua sak. Selain Beras ada gula dengan harga perkilo Rp 16.500 dan minyak goreng Rp 14.500 perbotol.

“Jadi ada tiga jenis yang ditawarkan kepada masyarakat, beras 5 kg dan minyak goreng serta plgula pasir,”ujarnya.

Untuk beras yang disiapkan Bulog sebanyak 1400 sak atau 7 ton, minyak goreng, 760 botol dengan tiap kemasan seberat 900 ml, dan untuk gula 750 kg.

BACA JUGA:   Pemkab Katingan Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah Secara Daring

Dia juga menjelaskan, kegiatan GPM, direncanakan akan dilaksanakan selama bulan puasa dan akan turun ke tingkat kecamatan, sehingga masyarakat desa khususnya yang ada di kecamatan di Kabupaten Katingan, dapat terlayani.

“Kita tidak hanya di Kasongan, tetapi ditingkat kecamatan, kita akan turun, terutama pada saat bulan puasa,” ujarnya.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada Bulog Regional Kalteng yang cepat merespons permintaan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian sehingga GPM dapat terlaksana di Kasongan Kabupaten Katingan.

(Bitro)