Penjabat Bupati Kobar Silaturahmi Dengan Profesor Birute di Kediamannya Desa Pasir Panjang

IST/BERITA SAMPIT - Tampak Penjabat Bupati Kobar H. Budi Santosa Sudarmadi, saat ngobrol penuh keakraban bersama Prof. Dr. Birute Mary F Galdikas di kediamannya Desa Pasir Panjang.

PANGKALAN BUN – Penjabat Bupati Kotawaringin Barat H. Budi Santosa Sudarmadi berkunjung silaturahmi dengan Prof. Dr. Birute Mary F Galdikas di kediamannya di Desa Pasir Panjang, Sabtu 2 Maret 2024. Pj. Bupati Kobar didampingi Sekda Kobar Rody Iskandar, Asisten II Kabupaten Kobar Kamaludin dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Fitriyana.

Pj. Bupati Kobar, H. Budi Santosa Sudarmadi melalui Sekda Kobar Rody Iskandar mengatakan, kunjungan Pj. Bupati Kobar ke rumah kediaman Prof. Birute untuk bersilaturahmi sekalian berkenalan.

“Karena Beliau selama bertugas di Kabupaten Kobar belum pernah berkenalan dan tatap muka langsung dengan Ibu Birute, karena masih berada di Amerika dan kebetulan tiga hari ini Ibu Birute  sudah kembali ke Pangkalan Bun  maka dimanfaatkan untuk bersilaturahmi,” kata Rody Iskandar, kepada Beritasampit.com.

Dijelaskan Sekda Rody Iskandar, dalam pertemuan/silaturahmi yang penuh kekeluargaan pada intinya dalam dialog Ibu Birute yang disampaikan kepada Pak Pj.Bupati Kobar, banyak menyampaikan ceritera dan pengalaman terkait dirinya sejak tahun 1971 sampai sekarang diusi 77 tahun, masih aktif mengelola pelestarian hutan dan alam serta menjaga pelestarian satwa dan khususnya  orang hutan yang nyaris punah di dunia.

BACA JUGA:   Polres Kobar Amankan Aksi Damai Aliansi Masyarakat

“Ibu Prof. Birute juga menyampaikan dan mengharapkan dukungan pemerintah daerah untuk terus berupaya meningkatkan pelestarian alam, khususnya kawasan Tahura dan pelestarian orangutan dan satwa lainnya yang sering diburu oleh sejumlah oknum yang tidak bertanggung jawab,” ujar Rody Iskandar.

Menurut Sekda Kobar Rody Iskandar, setelah mendengar pengalaman yang disampaikan Ibu Prof Birute. Pj.Bupati Kobar, sangat kagum dengan dedikasi dan perjuangan Ibu Prof.Birute, bahkan diusianya yang sudah senja 77 tahun, masih aktif bekerja.

“Dan tentu saja apa yang diharapkan oleh Prof. Ibu Birute, Pemerinah Daerah Kabupaten Kobar akan terus mendukung kegiatan, yang selama ini telah dilaksanakan oleh Ibu Prof. Birute sebagai Presiden Orangutan Foundation International (OFI) dan sebagai Ketua Yayasan Orangutan International Kalimantan (YOIK),” ucap Rody Iskandar.

BACA JUGA:   Gempa di Tuban Terasa Hingga Kotawaringin Barat

Seraya menambahkan, sebelum rombongan Pj.Bupati Kobar pamitan, Ibu Prof.Birute menyampaikan sejumlah buku tentang ceritra pengalaman pelestarian orangutan dan satwa lainnya.

“Juga beberapa buku lainnya yang telah diterbitkan di beberapa Manca Negara, seperti Buku Nation Geografhic yang saat diberikan kepada Pj.Bupati Kobar, sebelumnya ditandatangani dulu oleh Ibu Birute. Dan Buku ulasan tentang Film Dokumenter, Petualangan 3D IMEX – BORN tube WILD 3D,” pungkas Sekda Kobar Rody Iskandar.

Terpisah, menyampaikan kepada beritasmpit.com, dengan adanya kunjungan silaturahmi Pj. Bupati Kobar bersama rombongannya, Ibu Prof. Birute merasa gembira.

“Semoga kunjungan/silaturahmi ini, kerjasama Orangutan Foundation ( OFI ) dan Yayasan Orangutan International Kalimantan ( YOIK ) dengan Pemkab Kobar, semakin erat dan semangat untuk kedepannya bersama-sama meningkatkan pelestarian satwa dan alam,” kata Prof. Dr. Birute Mary F Galdikas. (Man).