Disdik Kotim Keluarkan SE Liburan Sekolah Selama Ramadan 1445 Hijriah

IST/BERITA SAMPIT- Surat edaran Dinas pendidikan Kotim terkait kegiatan pembelajaran di Bulan Ramadan.

SAMPIT – Dinas Pendidikan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) telah mengeluarkan surat edaran terkait jadwal libur Ramadan 1445 Hijriah untuk tingkat PAUD ,SD dan SMP.

Dalam Surat Edaran Bupati Kotim Nomor 800/1070/BPKSDM PKAP/X/2023 tentang Hari Libur dan Cuti Bersama Tahun 2024 dan Surat Kepala Dinas Pendidikan Kotim Nomor421/4116/Skrt/2023 terkait libur khusus puasa (LKP) itu ditandatangani oleh Kepala Disdik Kotim.

“Surat edaran libur puasa di awal ramadan ini menindak lanjuti SE Mendikbud RI dan SE Bupati Kotim tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa Ramadhan,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kotim, Muhammad Irfansyah, Selasa 5 Maret 2024.

BACA JUGA:   Irawati Tetap Ingin Harati Hingga Periode Kedua, Jika Tidak Begini Langkahnya

Surat  edaran terkait libur puasa yang dikeluarkan pada 27 Februari 2024 memuat poin penting diantaranya, Libur Khusus Puasa (LKP) awal bulan Ramadhan dimulai pada tanggal 11 sampai dengan 16 Maret 2024. Sementara untuk Libur Cuti Bersama sampai dengan tanggal 15 April 2024.

Selanjutnya, untuk kegiatan belajar mengajar pada tanggal 18 Maret sampai dengan 6 April 2024 juga sudah diatur dalam edaran dan semua sekolah diharapkan dapat menyesuaikan dengan aturan itu.

“Pertama untuk jam masuk sekolah dimulai pada pukul 07.00 WIB, menindaklanjuti apel pagi dan kegiatan yang bersifat fisik seperti olahraga digantikan dengan penambahan kegiatan penguatan pendidikan karakter dan/atau projek penguatan profil pelajar Pancasila,” bebernya.

BACA JUGA:   Maju di Pilkada Kotim, Jhon Krisli Ancang-Ancang Gunakan Jalur Independen

Selain itu, setiap jam pelajaran dikurangi sebanyak 10 menit. Untuk satuan pendidikan swasta selain Islam dapat mengatur kegiatan belajar mengajarnya sesuai ketentuan yang berlaku dan melapor kepada Disdik melalui bidang Pembinaan sekolah masing-masing.

“Semoga semua sekolah bisa menyesuaikan, apalagi ini dilaksanakan setiap tahunnya. Harapan kita pada saat Ramadhan anak-anak tetap aktif dalam belajar dan pihak sekolah juga memberikan ruang untuk anak-anak berkreasi dalam bentuk ragam kegiatan Ramadhan,” pungkasnya.

(Ibra)