Empat TPS3R dan Tiga Bank Sampah Kelola Sampah di Sukamara

ENN/BERITA SAMPIT - Pj Bupati Sukamara Kaspinor saat menyerahkan box sampah untuk ditempatkan di Pasar Saik.

SUKAMARA – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukamara M Fakhmy Rizali mengatakan bahwa pengelolaan sampah di wilayah rutin Sukamara saat ini dilayani oleh empat TPS3R dan Tiga Bank Sampah.

Empat TPS3R yang saat ini melayani pengelolaan sampah di Kabupaten Sukamara adalah TPS3R Permata Sukma yang ada di Kelurahan Padang Kecamatan Sukamara, lalu TPS3R Green Pudu Komposindo Jaya di Desa Pudu Kecamatan Sukamara dan TPS3R Pantai Jaya di Desa Sungai Cabang Barat Kecamatan Pantai Lunci serta TPS3R Patung Jaya di Desa Bangun Jaya Kecamatan Balai Riam.

“Selian itu ada pengelolaan sampah juga dilakukan oleh Bank Sampah Induk Sukma Madani dan Bank Sampah Unit Permata Mandiri yang berada di Ibu Kita Kabupaten serta Bank Sampah Unit Aira di Kelurahan Jelai,” kata M Fakhmy Rizali, Selasa 5 Maret 2024.

BACA JUGA:   H Windu Subagio Tegaskan Tidak Akan Maju Pada Pilkada Sukamara 2024

M Fakhmy Rizali menerangkan jika dalam operasionalnya TPS3R dan Bank Sampah dibantu oleh Kelompok Swadaya Masyarakat dan tenaga kutip sampah. Setelah melalui proses pengelolaan, residu dari TPS3R dan bank sampah akan dibuang ke Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Simpang Lunci.

“Kami sampaikan terima kasih kepada teman-teman KPP atau KSM dan tenaga pramu yang telah bekerja keras sehingga dengan keterbatasan yang dimiliki mampu menangani sampah dengan capaian sebesar 88,6 persen,” ujar M Fakhmy Rizali.

BACA JUGA:   Amankan Pasokan dan Harga Pangan, Pemkab Sukamara Gelar Pasar Murah 

Dalam kesempatan itu, M Fakhmy Rizali juga menerangkan jika dengan jumlah pelanggan TPS3R sebanyak 1.104 rumah tangga jumlah tersebut terbilang cukup kecil dibanding jumlah kepala keluarga di Kabupaten Sukamara yang mencapai 20.659.

“Secara profesional cakupan layanan pengelolaan sampah oleh empat TPS3R dan 3 bank sampah dirasa sangat kurang memadai, untuk itu tahun ini kami berbahaya untuk mengusulkan pembangunan TPS3R baru di tiga lokasi yaitu di Kelurahan Mendawai Desa Sekuningan Baru dan Desa Sembikuan,” tukas M Fakhmy Rizali. (enn)