Bawaslu RI Gelar Konsolidasi Media, Langkah Memperkuat Pemberitaan Hasil Pemilu 2024

IST/BERITA SAMPIT - Bawaslu Kalteng saat mengggelar konsolidasi media.

PALANGKA RAYA – Bawaslu RI menggelar kegiatan Konsolidasi Media di Provinsi Kalteng. Kegiatan yang salah satunya sebagai langkah dalam memperkuat pemberitaan hasil Pemilu 2024 ini dilaksanakan di Eltipark, Palangka Raya, Kamis 7 Maret 2024.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Data dan Informasi Bawaslu Kalteng, Nurhalina dalam sambutannya, menyampaikan sebelumnya KPU Kalteng, telah selesai dilaksanakan rekapitulasi penghitungan suara tingkat Provinsi.

“Kita membuka diri yang seluasnya-luasnya terkait dengan pemberitaan terkait pemilu. Kita berharap media ini bisa memberikan pemberitaan yang berimbang,” ucapnya.

Selain sebagai pilar demokrasi, media juga disebut sebagai agen perubahan. Pemberitaan dari media, tentunya berpengaruh pada pemahaman masyarakat karena media sebagai corong informasi bagi masyarakat.

BACA JUGA:   Pilkada 2024, Berpeluang Halikinnor Maju Bersama Sekda Kotim

“Harapannya dengan pemberitaan yang baik dan benar dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang demokrasi. Karena pemilu yang telah dilaksanakan kemaren, akan menjadi potret yang sangat penting bagi pemilu yang akan datang,” tambahnya.

Sementara itu, Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Kalteng, Hj. Siti Wahidah dalam sambutannya, menyampaikan kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat penting.

“Harapannya setelah kegiatan ini, sahabat Bawaslu khususnya dari media dapat menggali informasi dari para narasumber yang telah hadir,” lanjutnya.

BACA JUGA:   Pertarungan Sengit Jika Lima Elit Politik Ini Maju di Pilgub Kalteng

Pemilu ini nantinya juga akan beririsan dengan Pilkada yang akan datang, apalagi media ini sudah sebagai corong informasi yang menyampaikan tahapan-tahapan pemilu ke masyarakat sehingga masyarakat tahu.

“Kita berharap masyarakat merasakan kedamaian, ketentraman setelah membaca berita dari media-media. Melalui kegiatan ini harapannya pemberitaan dapat objektif, akurat dan terpercaya Mencegah hoax dan mis informasi serta memperkuat kemitraan antara Bawaslu Kalteng dan media,” ungkapnya.(yud)