Dua Faktor Ini Disebut Picu Kenaikan Harga Komodititas di Kotim

JIMMY/BERITASAMPIT - Polisi saat sidak ke pasar di Kotim tahun lalu.

SAMPIT – Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mengalami kenaikan harga sejumlah komoditas barang pokok menjelang Bulan Suci Ramadan dalam beberapa pekan terakhir.

Kenaikan itu disebut-sebut disebabkan oleh faktor cuaca dan psikologi pasar yang turut mempengaruhi dinamika harga di pasar.

Menurut Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (DKUKMPP) Kotawaringin Timur (Kotim) Zulhaidir menyatakan bahwa kenaikan harga bapok menjelang Ramadan merupakan hal yang kerap terjadi.

“Kenaikan sejumlah harga menjelang Ramadan ini memang kerap terjadi,” ungkap Zulhaidir. Kamis 7 Maret 2024.

BACA JUGA:   Wabup Kotim Bersama Wartawan Nobar Film Kuyang Adaptasi Novel Karya Penulis Sampit

Faktor utama yang menyebabkan kenaikan harga adalah cuaca ekstrem, seperti musim hujan dan banjir, yang menghambat pasokan beras dari petani.

Hal ini menyebabkan harga beras mengalami gejolak naik turun, dengan harga beras kualitas premium mencapai Rp30 ribu per kilogram.

“Faktor cuaca, musim hujan bahkan bencana banjir ini lah yang mengakibatkan harga barang seperti beras masih bergejolak naik turun, naik turun,” ujarnya.

Tren kenaikan harga juga dipicu oleh psikologi pasar menjelang Ramadan. Masyarakat cenderung melakukan pembelian dalam jumlah besar menjelang bulan suci, namun stok barang di pasar tidak mencukupi, sehingga harga naik.

BACA JUGA:   Instruksi Bupati Tak Dihiraukan THM Sampit, Bulan Suci Ramadan Tetap Buka

“Biasanya kalau jelang Ramadan itu masyarakat melakukan pembelian secara meningkat namun stok barang dipasar kurang, makanya pasar ada tren kenaikan harga,” jelas Zulhaidir.

Sementara itu, Kapolres Kotim AKBP Sarpani mengungkapkan bahwa pihaknya dalam waktu dekat sebelum Bulan Ramadan akan menggelar inspeksi mendadak harga di pasar.

“Sama seperti tahun sebelumnya kita akan lalukan sidak harga ke pasar dalam waktu dekat sebelum bulan ramadan,” ucapnya.

(Jimmy)