Wagub Lepas Dua Juta Undang Vaname untuk Shrimp Estate

SYA'BAN/BERITASAMPIT - Wakil Gubernur, Edy Pratowo saat tebar bibir udang vaname.

PALANGKA RAYA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) membuat program shrimp estate atau tambak udang untuk menjaga ketahanan pangan dalam sektor perikanan.

Desa Sei Raja, Kabupaten Sukamara, menjadi lokasi pertama yang dikembangkan untuk budidaya udang vaname.

“Hari ini, Pemprov Kalteng melakukan tebar perdana, benur atau benih udang vaname sebanyak 2 juta dilokasi yang sudah dikembangkan,” ujar Wakil Gubernur, Edy Pratowo, Sabtu 9 Maret 2024.

“Dan shrimp estate akan menjadi program dibawah pembinaan Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Provinsi Kalteng,” jelas Edy Pratowo.

BACA JUGA:   Begini Kata Kepala BPSDM Kalteng Mengenai Renovasi Bangunan Kantor BPSDM

Edy Pratowo melajutkan, nanti akan ada badan layanan umum daerah yang mengelola shrimp estate.

“Program shrimp estate memberikan motivasi dan gambaran kepada masyarakat disekitar khususnya Sukamara dan Kabupaten/Kota di Kalteng,” ujar Edy Pratowo.

“Bahwa potensi di daerah Sukamara yang konon katanya cocok untuk budidaya udang vaname dan sekarang dikembangkan dalam skala besar,” lanjut Edy Pratowo.

BACA JUGA:   Ini Pesan Gubernur Kalteng saat Pembukaan Pasar Ramadan

Edy Pratowo berharap program itu nanti akan terus berkembang dengan baik seriring dengan upaya-upaya yang dilaksanakan kelompok masyarakat di daerah Sukamara, sehingga masyarakat terpacu untuk bisa membudidayakan udang vaname atau jenis perikanan lainnya.

“Dan itu menjadi produk unggulan bagi Kalteng sesuai apa yang diharapakan dalam visi misi menjaga ketahanan pangan nasional dari sektor perikanan,” pungkas Wagub Kalteng.

(Sya’ban)