Namanya Masuk Bursa Calon Bupati Kotim,  Siyono: Saya Berdoa Harati Dua Periode

IST/BERITASAMPIT - Camat Parenggean, Siyono, S.Sos.

Namanaya Masuk Bursa Calon Bupati Kotim,  Siyono: Saya Berdoa Harati Dua Periode

SAMPIT – Beberapa nama mulai muncul dan di gadang-gadang bakal bertarung pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) yang akan berlangsung pada bulan November mendatang.

Salah satu nama yang muncul yakni nama birokrat aktif dia adalah Camat Parenggean,  Siyono. Nama pria bertitel sarjana sosial itu muncul di media beritasampit.com dengan judul “Sejumlah Nama Birokrat Dinilai Kandidat Kuat di Pilkada Kotim”.

“Saya berdoa semoga HARATI (jargon Halikinnor dan Irawati saat Pilkada 2019) ini bisa lanjut ke periode 2,” kata Siyono, Rabu 13 Maret 2024.

Sementara itu saat disinggung apakah ia juga akan mencalonkan diri, Siyoni menyampaikan akan melihat situasi dulu. Karena saat ini mereka masih fokus untuk kerja di pemerintahan Halikinnor dan Irawati.

“Kedepannya kalau pak Halikinnor dan Ibu Irawati masih lanjut insya Allah allah saya tetap dukung beliau,” ucapnya.

Kendati demikian Siyono tidak menapik jika ada pinangan untuk maju dalam Pilkada. Akan tetapi jika sebagai Calon Bupati dirinya tegas mengatakan tidak mungkin, namun masih bisa kalau sebagai Calon wakil Bupati.

BACA JUGA:   Pemprov Kalteng Salurkan Bantuan Beras kepada Warga Kobar

Dirinya memiliki harapan akan ada perwakilan dari wilayah Utara Kotim yang  tampil dalam kanca Pilkada tahun 2024. “Kami berharap ada perwakilan dari daerah Utara Kotim untuk maju dalam Pilkada, karena banyak juga nama-nama tokoh disini,” beber Siyono.

Berikut nama-nama birokrat yang masuk dalam bursa calon Bupati Kotim seperti Sekretaris Daerah Fajrurrahman, yang tidak lama lagi memasuki usia pensiun bisa saja akan melanjutkan karir di dunia politik, dirinya pernah menjadi Kepala Dinas Pariwisata Kotim, Dinas Pertambangan dan Energi, selain itu dirinya aktif di organisasi.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Diana Setiawan, sebelumnnya pernah menjabat sebagai Assiten I Sekretariat Daerah Kotim.

dr Faisal Novendra Cahyanto juga punya peluang besar, di mana sebelumnya menduduki jabatan sebagai Kadis Kesehatan Kotim.

Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sanggul Lumban Gaol, pernah menjadi Kepala Dinas Kehutanan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kotim, serta pernah menjadi Camat.

BACA JUGA:   Warga Kotim Merasa Gempa Bumi Dua Kali Dalam Sehari

Kepala Badan Pengelola Pendapatan Daerah (Bappenda) Kotim Ramadansyah, yang dulu aktif berbagai organisasi, pernah menjadi Ketua Pemuda Muhamadiyah, dan Sekretaris Muhammadiyah. Saat ini juga sebagai rektor Universitas Muhamadiyah Sampit (Umsa).

Camat Parenggean Siyono juga berpotensi, maju di kontestasi politik kali ini.

Kepala Dinas Perhubungan Kotim Suparmadi, sebentar lagi juga akan purnatugas, sebelumnnya ia pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kotim, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, Kepala Dinas Pendidikan, dan saat ini sebagai Ketua PGRI Kotim dua periode, dirinya juga pernah menjadi Penjabat Sekretaris Daerah Kotim.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kotim Macmoer, juga dinilai punya peluang besar apalagi yang bersangkutan sebelumnya juga pernah sebagai Kepala Daerah PUPR Kotim.

Koordinator Litbang Berita Sampit Hendiranur menyebut sejumlah nama tersebut saat ini elektabilitasnya tinggi dari birokrat lainnya.  (im).