Masyarakat di Pulang Pisau Antusias Sambut Pasar Murah

SYA'BAN/BERITASAMPIT - Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Edy Pratowo melakukan pengecekan kondisi beras.

PALANGKA RAYA – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Edy Pratowo membuka pasar murah di wilayah tengah Provinsi Kalteng, tepatnya di Kabupaten Pulang Pisau, Senin 18 Maret 2024.

Selain itu, Wakil Gubernur membuka Pasar Murah di dua lokasi, yakni Kecamatan Jabiren Raya dan Halaman Stadion H.M Sanusi, Kecamatan Kahayan Hilir.

Pasar Murah ini merupakan penyaluran beras murah sebanyak 10 kg per paket kepada masyarakat setempat.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng melepas 1.420 ton beras subsidi untuk dibagikan kepada masyarakat melalui kegiatan Pasar Murah di 14 kabupaten/kota.

Diketahui, di Kabupaten Pulang Pisau ini, beras subsidi yang tersedia sebanyak 100 ton atau 10.000 paket.

BACA JUGA:   Disdik Kalteng Sampaikan Perkembangan Penyaluran Beasiswa TABE

Edy Pratowo saat membuka pasar murah di Kecamatan Jabiren Raya, mengatakan pasar murah ini dilaksanakan dalam rangka stabilisasi harga pangan dan juga untuk mengatasi inflasi daerah, apalagi saat ini memasuki bulan suci Ramadan.

“Pulang pisau merupakan Lumbung Padi Kalteng dan tahun ini akan dibangun Rice To Rice (RTR) yaitu mesin untuk penggilingan padi/pengolahan padi, yang pabrik padinya berada di Pangkoh, tahun ini juga ada program 21 ribu hektar untuk optimasi lahan rawa,” ungkap Edy Pratowo.

Edy menjelaskan, kehadirannya di Kabupaten Pulang Pisau di awal Ramadan ini adalah untuk memantau harga kebutuhan bahan pokok apakah ada kenaikan atau tidak, serta membantu masyarakat yang ingin mendapatkan beras murah.

BACA JUGA:   Kedaulatan Pangan Harus Dimulai Dari Swasembada Pangan

Lebih lanjut, Edy mengatakan di pasar murah paket beras murah senilai Rp 175.000 per 10 kilogram namun Pemprov Kalteng memberikan subsidi sebesar Rp 155.000, sehingga masyarakat hanya menebus dengan harga Rp 20.000 per 10 kilogram.

“Dengan adanya pembagian beras subsidi di bulan Ramadan ini, semoga yang memberikan mendapat keberkahan, seiring dengan temanya Kalteng Berbagi Berkah,” pungkas Edy Pratowo.

Masyarakat tampak sangat antusias menyambut Pasar Murah yang digelar Pemprov Kalteng ini.

(Sya’ban)