Apel Serah Terima Regu Pengamanan Wujud dari Kedisiplinan Petugas Lapas Sampit

IST/BERITASAMPIT - Suasana apel serah terima regu di Lapas Kelas IIB Sampit.

SAMPIT – Apel serah terima regu pengamanan menjadi hal yang wajib dilakukan oleh seluruh regu pengamanan yang ada di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sampit, selain wajib dilaksanakan, kegiatan apel serah terima tersebut menjadi salah satu wujud dan upaya untuk peningkatan disiplin petugas terutama petugas pengamanan.

Seperti biasanya, Rabu 20 Maret 2024 pagi dilaksanakan apel serah terima regu piket malam ke regu piket pagi. Banyak hal penting yang diserah terimakan pada kegiatan apel regu pengamanan tersebut.

BACA JUGA:   Buntut Keributan Dilarang Antre Isi BBM, Sopir Laporkan Oknum Sekuriti SPBU KM 8 Tjilik Riwut Sampit

Diantaranya adalah jumlah atau isi penghuni, barang dan perlengkapan pengamanan dan tentu saja sebelum dilaksanakan serah terima di lakukan penghitungan jumlah penghuni oleh petugas regu yang akan melanjutkan penjagaan.

Seluruh anggota regu yang akan menjalankan piket mengikuti jalannya prosesi ini, piket lama akan menyampaikan kepada petugas piket baru seperti tentang kelengkapan barang inventaris, maupun menyampaikan kejadian-kejadian dan perkara yang ditangani oleh petugas jaga sebelumnya.

BACA JUGA:   Anak 10 Tahun dan Kedua Orang Tuanya Nyaris Terbakar

Selain menjadi agenda penting yang berfungsi untuk mencegah gangguan keamanan dan ketertiban, apel serah terima penjagaan ini merupakan cara untuk menjaga kedisiplinan dari para anggota pengamanan yaitu salah satu bentuk pengecekan terhadap kedisiplinan petugas untuk datang tepat waktu, juga untuk mengecek kesiapan anggota dalam melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab.

“Apel serah terima ini juga menjadi sarana yang dapat meningkatkan hubungan kedekatan antara sesama regu pengamanan,” jelas Kepala Lapas KelasIIBSampit. (im)