Anggaran Rp9 Miliar Disiapkan Untuk Pembangunan Jalan Pulau Hanaut ke Seranau

NARDI/BERITA SAMPIT- Bupati Kotim Halikinnor (kanan) bersama Wakil Bupati Irawati (kiri) saat safari Ramadan di Pulau Hanaut.

SAMPIT – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) berencana menyiapkan anggaran Rp9 miliar tahun 2025 untuk membangun jalan menghubungkan Kecamatan Pulau Hanaut ke Seranau.

“Sementara tahun ini (2024) Pemkab sudah menganggarkan Rp8,9 miliar untuk jalan serta puskesmas di Kecamatan Pulau Hanaut,” kata Bupati Kotim Halikinnor, Selasa 26 Maret 2024.

Namun masyarakat sudah lama dan sangat menginginkan ada lanjutan pembangunan jalan dari Kecamatan Seranau sampai Pulau Hanaut bahkan sampai Desa Pegatan

BACA JUGA:   Ingin Bebaskan Anak-anak dari Buta Al Quran, Aiptu Yosso Bangun TPQ Gratis yang Kini Dihuni 129 Santri

“Sehingga tahun depan rencananya dianggarkan Rp9 miliar untuk menghubungkan Seranau Pulau Hanaut, bahkan jika anggaran masih memungkinkan maka bisa dilanjutkan sampai Pegatan (Kabupaten Katingan),” ungkapnya.

Maka nantinya untuk menuju Pulau Hanaut, atau sampai Pegatan tidak hanya lewat transportasi air saja tapi sudah bisa lewat jalur darat.

“Itu sudah masuk program Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Pemkab Kotim,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Pemkab Kotim Pastikan Makanan di Pasar Ramadan Aman di Konsumsi

Hal tersebut disampaikan saat Safari Ramadan di Kecamatan Pulau Hanaut, Senin 25 Maret 2024.

Selama ini untuk menuju Pulau Hanaut menggunakan perahu penyeberangan karena belum ada jalan darat yang menghubungkan kecamatan ini dengan kecamatan lainnya, karena letaknya berada di seberang Sungai Mentaya.

Begitu pula Kecamatan Seranau berada di seberang namun sudah ada jalan yang menghubungkan ke Kecamatan Cempaga. (Nardi)