Nuryakin Membuka Pasar Murah Tahap Dua di Murung Raya

IST/BERITASAMPIT - Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Nuryakin saat memberikan sambutan.

PALANGKA RAYA – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Nuryakin kembali membuka pasar murah tahap II di wilayah timur Provinsi Kalteng, di GOR Desa Batu Putih, Kecamatan Murung, Kabupaten Murung Raya, Sabtu 30 Maret 2024.

Masih dalam rangka Kalteng Berbagi Berkah dan pengendalian inflasi daerah di wilayah Kalteng tahun 2024,

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng kembali melakukan penyaluran bantuan beras bersubsidi melalui kegiatan pasar murah yang dilaksanakan dari 29 sampai 31 Maret 2024.

Setelah sehari sebelumnya Nuryakin membuka pasar murah dan penyaluran beras subsidi di Kecamatan Permata Intan dan Kecamatan Sumber Barito.

Menurut jadwal hari kedua ini penyaluran dilaksanakan pada dua titik lokasi yaitu di Kecamatan Murung dan pada sore harinya di Kecamatan Barito Tuhup Raya.

BACA JUGA:   Golkar Siap Usung Kaspinor di Pilkada Sukamara

Disebutkannya bahwa beras subsidi yang disalurkan untuk Kabupaten Murung Raya sebanyak 150 ton, dan sesuai dengan petunjuk Gubernur Kalteng penyaluran dilakukan dua tahap, pada tahap satu telah disalurkan sebanyak 50 ton.

“Pada tahap dua ini Pemprov kembali menyalurkan beras bersubsidi untuk Kabupaten Murung Raya sebanyak 100 ton,”ujar Nuryakin.

Hal ini dilakukan Pemprov Kalteng untuk meminimalisir terjadinya inflasi, yang diakibatkan kenaikan harga bahan pokok terutama menjelang hari-hari besar keagamaan, seperti Idul Fitri, Idul Adha, Natal dan Tahun Baru.

“Biasanya menjelang hari Raya Idul Fitri seperti ini harga sembako dan kebutuhan pokok lainnya pasti naik, maka untuk mengatasi hal ini Pemprov Kalteng mengadakan pasar murah,”jelas Nuryakin.

BACA JUGA:   Kepala Bappeda Litbang Kalteng Hadiri Musrenbang RKPD Pulang Pisau

Kegiatan pasar murah hari kedua di Puruk Cahu, Kabupaten Murung Raya ini dilaksanakan di GOR Desa Batu Putih Kecamatan Murung, dan jumlah paket disalurkan sebanyak 5 ton beras atau 500 paket beras premium, dengan kualitas baik dan harga terjangkau oleh masyarakat.

“Semoga dengan adanya pasar murah Kalteng Berbagai Berkah ini, betul-betul bisa meringankan beban yang dirasakan masyarakat terutama di bulan Ramadan yang penuh berkah ini,”beber Nuryakin.

Selain itu, Nuryakin mengatakan karena ini pasar murah maka hanganya tidak sama dengan harga di pasar, tetapi tidak boleh gratis.

“Harga beras Rp 175.000 per 10 kilogram, hari ini disubsidi oleh Pemerintah Provinsi sebesar Rp 155.000 sehingga masyarakat cukup menebus sebesar Rp 20.000 saja,”pungkas Nuryakin.

(Sya’ban)