Penjabat Bupati Bartim Harap Ketua KONI Terpilih Mampu Memberikan Dampak Baik Bagi Olahraga

IST/BERITA SAMPIT - Penjabat Bupati Bartim, Indra Gunawan usai buka Musorkalub KONI di depan Aula Dinas Pertanian.

TAMIANG LAYANG – Penjabat (Pj) Bupati Barito Timur (Bartim), Indra Gunawan berharap siapapun yang terpilih menjadi Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bartim mampu membuat kondisi dunia olahraga di wilayahnya menjadi lebih baik.

“Penunjang cabang olahraga diantaranya alat-alat fasilitas olahraga yang dimiliki dan bersama Menpora kita bisa koordinasi ke pusat. Siapapun yang terpilih diharapkan mampu memberikan dampak baik dari proses yang baik dan damai, dan kepada ketua yang terpilih nanti dapat meluangkan waktunya untuk memikirkan olahraga di barito timur,” tuturnya, Sabtu 30 Maret 2024.

Karena sudah meluangkan waktu, tenaga, pikiran dan potensi yang ada dalam dirinya itu sudah patut dihargai. Selain itu juga dapat berkoordinasi dengan cabang olahraga yang ada di bawah kepengurusannya untuk dapat dibina.

BACA JUGA:   KNPI Kabupaten Barito Timur Safari Ramadan di Tiga Kecamatan

Indra Gunawan memberikan dukungan atas terselenggaranya musyawarah olahraga kabupaten luar biasa (Musorkalub) KONI Kabupaten Bartim, kedepannya dapat membina cabang olahraga dan memunculkan potensi yang ada.

Selain itu Indra juga mengingatkan peran Ketua KONI untuk tetap fokus dengan tugasnya berdasarkan Sejarah berdirinya KONI 15 Oktober 1938 mengemban tugasnya berdasarkan Undang-undang Nomor 3 tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional, bertugas sebagai berikut:

1. Membantu Pemerintah dalam membuat kebijakan Nasional bidang pengelolaan, pembinaan dan pengembangan olahraga prestasi pada tingkat nasional.

BACA JUGA:   Petahana Banyak yang Tumbang, Berikut Nama-nama Caleg yang Berhasil Dapatkan Kursi DPRD Kalteng

2. Mengoordinasikan induk organisasi cabang olahraga, organisasi olahraga fungsional, serta komite olahraga provinsi dan komite olahraga kabupaten/kota.

3. Melaksanakan pengelolaan, pembinaan dan pengembangan olahraga prestasi berdasarkan kewenangannya.

4. Melaksanakan dan mengoordinasikan kegiatan multi kejuaraan olahraga tingkat nasional.

Peran atau fungsi KONI di masyarakat diatur sebagai berikut :

1. Meningkatkan kualitas manusia indonesia dan membina serta memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa melalui pembinaan olahraga secara nasional.

2. Memasyarakatkan olahraga prestasi yang dibina oleh anggotanya untuk mencapai prestasi olahraga optimal.

“Peran KONI tidak hanya terhubung dengan pemerintahan namun juga lebih utama untuk masyarakat olahraga,” tutupnya. (Redha).