Survei Indopol: Calon Bupati Kobar 2024 Rakhman Ebol Bersaing Ketat dengan Petahana

IST/BERITASAMPIT - Hasil Indopol Survei Calon Bupati Kotawaringin Barat.

PALANGKA RAYA – Nama H Rakhman Ebol kini bersaing ketat dengan petahana Hj Nurhidayah Calon Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) berdasarkan hasil Indopol Survei.

Di mana Indopol Survei baru-baru ini merilis hasil survei tentang dinamika politik dan elektabilitas calon Bupati Kotawaringin Barat dalam konteks Pemilihan 2024.

Survei tersebut dilakukan pada tanggal 4 hingga 11 Maret 2024 dengan melibatkan 500 responden yang memiliki hak pilih dalam pemilu, dengan margin of error ±4,4 persen.

Hasil survei menunjukkan bahwa saat survei dilakukan, petahana Hj. Nurhidayah masih menduduki posisi teratas dengan elektabilitas 29,2 persen, diikuti oleh H. Muhammad Rakhman Ebol dengan 13,4 persen, dan posisi ketiga diduduki oleh Ahmadi Riyansah dan Rizky Aditya Putra dengan elektabilitas yang sama, yaitu 4,2 persen. Namun, 49,0 persen responden masih belum menentukan pilihannya.

BACA JUGA:   Awal Ramadan, Warga Laksanakan Tarawih di Masjid Alhijrah

Ratno Sulistiyanto, Direktur Eksekutif Indopol Survey, menyoroti bahwa meskipun elektabilitas Hj. Nurhidayah masih unggul, tingginya jumlah responden yang belum memutuskan pilihan memberikan peluang bagi figur lain untuk mengungguli inkamben tersebut.

Menurutnya salah satu figur yang dianggap memiliki potensi kuat bersaing dengan petahana adalah H. Muhammad Rakhman Ebol, dengan elektabilitas 13,4 persen,

Di mana dalam kurun waktu tujuh bulan ke depan masih memiliki kesempatan untuk memperkuat popularitasnya dengan melakukan langkah-langkah strategis seperti sosialisasi, penggalangan dukungan, dan pembentukan relawan.

“H Rakhman Ebol mencuat sebagai figur yang diinginkan oleh masyarakat dan menjadi salah satu kandidat yang memiliki potensi kuat untuk mendapatkan dukungan signifikan dari pemilih,” katanya dalam rilisnya kepada Berita Sampit.

BACA JUGA:   Polres Kobar Amankan Aksi Damai Aliansi Masyarakat

Selain itu, survei juga mengungkapkan bahwa faktor-faktor seperti visi dan misi yang jelas dalam membangun daerah, pengalaman sebagai pejabat daerah, dan dukungan dari tokoh masyarakat atau panutan memiliki pengaruh besar dalam keputusan pemilih.

Ratno menekankan bahwa dinamika politik di Kotawaringin Barat masih sangat dinamis, terutama dengan waktu pelaksanaan Pemilihan yang masih cukup jauh.

Sehingga kata dia kemungkinan adanya pergeseran dalam elektabilitas figur yang berkompetisi masih sangat terbuka, tergantung pada upaya dan dukungan yang mereka dapatkan dari masyarakat dan berbagai pihak terkait.

(naco)