Antisipasi Bencana Alam, Kodim 1014/Pbn Siagakan Personilnya

PANGKALAN BUN – Menghadapi musim hujan, sebagai langakah antisipasi dan bentuk kewaspadaan serta kesiapsiagaan menghadapi bencana alam baik itu banjir, longsor, Karhutla serta bencana alam lainnya di Wilayah Kotawaringin Barat, Kodim 1014 /Pbn mengikuti Apel Gelar Personil dan Sarpras dalam rangka Kesiapan Pelaksanaa Penanggulangan Bencana Alam di Lapangan Sampuraga Lama Jl. Syutan Syahrir Kel Sidorejo Kecamatan Arut Selatan Kab. Kotawaringin Barat, Senin ( 18/01/2021).

Apel Gelar Personil dan Sarpras tersebut melibatkan beberapa unsur terkait di Kobar yakni Pemerintah Daerah Kab. Kobar, Kodim 1014/Pbn, Kompi Senapan B Yonif Raider 631 /Atg, Lanud Iskandar Pangkalan Bun, Brimob Kobar, Polres Kobar, BPBD, Satpol PP, Damkar, Tagana, serta Masyarakat Peduli Api dan Ormas.

Nampak hadir pada kegiatan tersebut Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah, Kasdim 1014/Pbn Mayor Inf Edy Sucipto, Danlanud Iskandar Pangkalan Bun (diwakili) beserta Pimpinan SKPD dan unsur terkait lainnya. Bertindak sebagai Pimpinan Apel Kapolres Kotawaringin Barat AKBP Devy Firmansyah.

Usai pelaksanaan apel, Kapolres Kobar dan Kasdim 1014 /Pbn beserta Forkopimda melakukan peninjauan terhadap pasukan gabungan serta peralatan dan kendaraan yang dipersiapkan dari berbagai instansi untuk menghadapi dan menanggulangi bencana alam.

“Seluruh elemen dan stakeholder dituntut untuk siap siaga menghadapi dan menanggulangi bencana alam. Sebab pelaksanaan penanggulangan bencana alam bukan semata-mata menjadi tanggung jawab pemerintah, akan tetapi juga merupakan tanggung jawab kita bersama, baik itu pemerintah dan masyarakat dan dunia usaha.” kata Kasdim.

Selain itu, Mayor Inf Edy Sucipto juga menekankan akan pentingnya kerja sama antar lntitusi dalam menghadapi bencana alam di wilayah Kotawaringin Barat .

“Ketika terjadi bencana alam baik banjir atau bencana lainnya, tidak mungkin dihadapi sendirian, tidak mungkin hanya unsur polisi, TNI atau Pemkab saja, tapi tiga unsur ini bekerja bersama untuk menggalang seluruh kekuatan masyarakat bahu-membahu ketika menghadapi ancaman bencana alam,” kata Kasdim.

Ia mengatakan, TNI dan Polri serta Pemkab Kotawaringin Barat harus siap menghadapi bencana alam di tengah pandemi Covid-19. (rls)