Kantor Baru BPBD Katingan Akan Dibangun Pertengahan Tahun 2022

IST/BERITA SAMPIT - Lokasi Kantor BPBD Katingan yang telah dibersihan.

KASONGAN – Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Katingan tahun 2022 ditargetkan pindah. Pasalnya, gedung yang ada sekarang ini sudah tidak refresentatif dan jadi langganan banjir.

Hal ini diakui Ketua BPBD Katingan Roby menurutnya dalam DPA BPBD Tahun 2022 terdapat kegiatan Pembangunan Kantor BPBD dengan lokasi di samping Dinas Pertanian dan Perikanan, dimana tanah tersebut berdasarkan penunjukan dari bagian umum setda.

Pembangunan kantor ini sebagai upaya memfasilitasi optimalisasi pelayanan BPBD dalam melakukan penanganan bencana yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. “Kenapa dibangun di lokasi tersebut, karena lokasi BPBD yang lama masih terdampak banjir cukup tinggi 100 sampai dengan 120 cm,” tutur Robi dengan beritasampit.co.id.

BACA JUGA:   120 Orang Duta Genre Dikukuhkan, Pj Bupati Katingan Sampaikan Pesan Ini

Ia juga menuturkan untuk mempermudah proses perencanaan, BPBD Katingan sudah melakukan pembersihan lokasi yang berukuran sekitar 1,4 ha tersebut.

“Sekarang ini dalam proses perencanaan oleh pihak ketiga, dan diharapkan pembangunan fisik sudah bisa dimulai di pertengahan tahun 2022, ditargetkan bisa difungsionalkan di akhir tahun 2022,” jelasnya.

IST/BERITA SAMPIT – Lokasi Kantor BPBD Katingan yang telah dibersihan.

Sebagai informasi, bahwa sampai hari ini belum dilaksanakan lelang untuk fisik bangunan sehingga Papan Proyek belum ada dilokasi tersebut.

“Masih belum lelang, belum lama ini kami menggunakan alat seadanya membersihkan lahan dulu,” tambahnya.

BACA JUGA:   Kodim 1019 Katingan Akan Gelar Bazar Murah Ramadan 1445 Hijiriah

Sebelumnya diketahui kantor BPBD Katingan menjadi tempat langganan banjir, bahkan tercatat tahun 2021 yang lalu BPBD Katingan harus melakukan pemindahan kantor sementara di aula kantor Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah (BPKAD) Katingan, komplek Kereng Humbang Kasongan untuk melayani masyarkat yang terkena dampak banjir.

Wacana relokasi Kantor BPBD Katingan sebenarnya cukup lama sudah dibahas, akhirnya di akhir tahun 2021 Komisi III mendorong supaya teranggaran tahun 2022. “Kami sangat berterimakasih Anggota DPRD di Komisi III bisa memperjuangkan pembangunan kantor BPBD,” tutupnya

(Kawit/Beritasampit.co.id)