​Kondisi Air Sungai Katingan Terjadi Perubahan Lagi, Kok Gitu Ya…

    KASONGAN – Perubahan warna air Sungai Katingan menjadi keruh pekat, di duga akibat tanah longsor di bagian Wilayah Hulu Katingan beberapa waktu lalu sekarang terlihat sedikit normal.

    Dari pantauan beritasampit.co.id, Minggu (17/9/2017) pagi, bahwa perkembangan kualitas air di sungai katingan yang ada di bantaran sungai Katingan Kota Kasongan ini terlihat sedikit normal dari sebelumnya yang keruh pekat akibat tanah longsor dibagian wilayah hulu Katingan.

    Salah seorang petani Ikan Keramba Udin (40 ) mengatakan sangat bersyukur dengan kembali normalnya kualitas air sungai katingan yang semulanya “Keruh Pekat” sekarang agak normal kembali.

    Dirinya juga mengatakakan jika kondisi air sungai yang keruh pekat itu bertahan lama, akan menyebabkan gagal panen ikan keramba yang di budidaya di sungai katingan tersebut.

    “Saya sangat bersyukur dengan normalnya kualitas air sungai ini, jika air ini selalu keruh atau bertahan lebih lama,yaa akan menyebabkan gagal panen ikan keramba saya nanti. Setelah melihat perkembangan air sungai sedikit normal pada hari ini membuat saya senang,” ungkap Udin.

    Ibu Doni (36) warga bantaran sungai juga mengatakan sebelumnya tidak bisa mandi dan mencuci pakaian di sungai katingan akibat kualitas air sungai yang sangat keruh pekat beberapa hari kemarin.

    “Sebelumnya memang tidak bisa mandi dan cuci pakaian di sungai karena airnya sangat keruh, memang keluarga saya selalu mengandalkan air sungai tersebut untuk keseharian keluarga saya untuk mandi dan mencuci pakaian. Ya syukurlah airnya sekarang agak kembali normal. Jadi bisa mandi dan mencuci di sungai ini lagi,” ungkapnya.

    (ar/beritasampit.co.id)