Muhammadiyah Katingan Independen di Pilkada

    KASONGAN – Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Katingan, Edi Rahmad Sosiawan, menegaskan posisi organisasi Muhammadiyah Independen di Pilkada Katingan, tanpa memihak satu pun pasangan calon bupati dan wakil bupati Katingan.

    Demikian diungkapkannya kepada beritasampit.co.id, Kamis (18/1/2018).

    “Muhammadiyah adalah sebuah organisasi kemasyarakatan yang berbasis agama Islam, secara tegas dalam AD/ARTnya tidak memperbolehkan memberikan sebuah surat dukungan atau sebagainya pada pasangan calon,” tutur Edi panggilan akrabnya.

    Namun, lanjutnya, organisasi Muhammadiyah tidak pernah melarang bagi warga Muhammadiyah atau anggota Muhammadiyah untuk ikut berpartisipasi dalam pesta demokrasi.

    “Tetapi Muhammadiyah tidak melarang individu untuk memberikan keberpihakan untuk memilih pemimpin yang mereka anggap bagus, namun secara kelembagaan itu tidak boleh,” jelasnya.

    Walaupun tidak bersinggungan secara langsung terhadap pemilu organisasi muhammadiyah, Edy menghimbau kepada seluruh warga muhammadiyah dan masyarakat pada umumnya untuk dapat mensukseskan pilkada Katingan dengan mengedepankan demokrasi yang sehat.

    “Perbedaan pandangan dan pilihan dalam demokrasi hal itu wajar, tinggal bagiamana kita dapat perbedaan tadi menjadi sebuah rahmat bukan menjadi perpecahan terlebih masalah SARA mari kita hindari,” tandasnya.

    (kwt/beritasampit.co.id)