PARAH !!! Rusak Keindahan Taman Religi  Kota Kasongan

    KASONGAN – Penempatan Tempat Pemungutan Sampah (TPS) dekat dengan pintu masuk Taman Religi Kota Kasongan dan Masjid Baitul Yakin Kasongan Seberang ini, merusak pemandangan Taman Kota Kasongan.

    Akibat penempatan TPS ini membuat masyarakat dan pengunjung setempat mengeluhkan dengan adanya bak TPS dengan tumpukan sampah yang sangat bau dan menyenggat tersebut.

    Seorang pengunjung Taman Religi Kota Kasongan, Dendi (25) mengatakan, sangat terganggu dengan penempatan bak sampah yang asal-asalan oleh dinas terkait. Karena ketika pengunjung yang datang ke taman dan ingin sholat di masjid malah mencium bau busuk dari sampah itu.

    ” Engak ada tempat lain apa, inikan tempat Taman Religi dan tempat ibadah (Masjid Baitul Yakin Kasongan) yang bersih dari yang namanya sampah. Ini malah di taruh tempat bak sampah, mana bau busuk lagi. Lagi disetiap taman sudah disediakan bak kecil tempat sampah,” tegasnya.

    Lanjutnya mengatakan, akibatnya pengunjung yang mau bersantai ria di sekitar taman makin berkurang, lantaran terciumnya bau sampah-sampah dimaksud.

    Oleh karena itu, dirinya berharap kepada Pemerintah Kabupaten Katingan melalui Dinas Perumahan Kawasan pemukiman dan Petanahan (Perkimtan) setempat agar mengalihkannya TPS ambrol yang bisa dipindah-pindah tersebut ke kawasan lainnya yang agak jauh dari tempat tersebut.

    Sebelumnya juga, penempatan sampah juga pernah di tempatkan di sekitar pintu gerbang kantor Bupati Katingan Jalan Tjilik Riwut KM 2,5 Kasongan, merusak pemandangan kota Kasongan sebagai ibukota Kabupaten Katingan.

    Akibat hal itu juga, pengunjung yang mau bersantai ria di sekitar taman yang ada di samping kiri dan kanan pintu gerbang kantor Bupati, kalau di sore hari tadinya banyak, kini berkurang, lantaran terciumnya bau sampah-sampah dimaksud. Apalagi TPS itu juga berada di depan Hotel Katingan.

    (ar/beritasampit.co.id)

    Editor: MAULANA KAWIT