Dinkes Katingan Harus Jemput Bola dalam Pelaksanaan Imunisasi Campak dan Rubella

    KASONGAN – Dalam pelaksanaan pencanangan kampanye imunisasi massal Measles atau Campak dan Rumbella (MR), Dinas Kesehatan Kabupaten Katingan diminta mslakukannya dengan cara jemput bola.

    Demikian diungkapkan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan Karyadi, kepada beritasampit.co.id, saat mencanangkan pelaksanaan imunisasi vaksin MR kepada 400 siswa SMPN 1 Katingan Hilir, Rabu (1/8/2018).

    Menurutnya, jemput bola dimaksud yakni dengan mendatangi setiap sekolah, baik dari tingkat SD maupum SMP. Serta tingkat posyandu di masyarakat.

    Sebab, kata Karyadi, mungkin saja ada anak yang sekolah saat itu, namun saat pelaksanaan imunisasi di sekolah tidak masuk atau sedang sakit. Maka hal seperti inilah yang perlu dilakukan oleh dinas kesehatan agar dalam pelaksanaan tidak ada yang terlewatkan. Mengingat imunisasi MR sangat bermanfaat memberikan kekebalan terhadap penyakit campak dan rubella.

    “Menurut saya kegiatan ini sangat baik sekali untuk dilakukan jemput bola,” terang Karyadi.

    Dirinya juga sangat mengapresiasi dan menyambut baik program positif ini. Untuk itulah Dinas kesehatan juga harus bekerjasama dengan pihak terkait seperti puskesmas disetiap kecamatan, kepala desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, pihak sekolah maupun pihak DPRD agar pelaksanaan pencanangan imunisasi massal MR di Kabupaten Katingan bisa berjalan sukses.

    “Dinas kesehatan ini sangat baik sekali, dia merambah ke anak-anak sekolah dan masyarakat. Saya sangat antusias sekali pada kegiatan ini, karena dilakukan secara serentak di katingan pada anak usia 6 bulan sampai kurang lebih 15 tahun. Kita sebagai orang tua siswa juga sangat mendukung,” pungkasnya.

    (ar/beritasampit.co.id)

    Editor : Irfan