Orangutan Terbesar di Dunia Adanya di Kobar, Ini Gaya OFI Ajarkan ke Siswa SMAN3 Pangkalan Bun

    PANGKALAN BUN – Giat ‘Kampanye Orangutan’ yang digelar Orangutan Foundation International (OFI) setelah ke TK/SD/SMP kini sudah sampai ketingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) yakni ke SMAN-3 Pangkalan Bun Kecamatan Arut Selatan (Arsel) Kabupaten Kobar.

    Dalam kampanye orangutan di SMAN-3 ada gaya tersendiri, yakni sejumlah siswa diminta membuat tulisan program tentang bagiamana cara melindungi orangutan, dan kelangsungan hidupnya dimasa yang akan datang.

    “Kalau ditingat TK dan SD kelas 2, 3 setelah kami cerita tentang orangutan anak-anak disuruh melukis tentang orangutan. Kalau di SMN 3 setelah kami cerita dan menayangkan visual slide film tentang kehidupan orangutan, kami mengakhirinya dengan menyuruh sejumlah murid untuk lomba menulis tentang kehidupan orangutan secara luas,” kata Dorprawati Siburian pemandu Kampanye Orangutan, saat dibincangi beritasampit.co.id. Senin (20/8/2018).

    Kemudian masing-masing murid membacakan tulisannya, dan bagi mereka yang tulisannya bagus diberi hadiah buku tulis dan Buku Majalah |Pesan Dari Alam,” yang diterbitkan OFI.

    Dan menurutnya, kampanye orangutan akan terus berlanjut digelar diberbagai tempat bukan hanya disekolah tapi juga nanti diberbagai kantor dan komunitas lingkungan alam.

    ”Tujuannya agar semua pihak, khususnya anak-anak sekolah sedini mungkin nantinya bisa menjaga dan melestarikan kehidupan hutan dan orangutan, namun tentunya kampanye akan dilakukan secara bertahap,” ujar Dorprawati salah seorang pemandu dari OFI.

    Terpisah Kepala SMAN 3 Pangkalan Bun, Sunarsih, melalui Guru pendamping ekstrakurikuler PLH/Tim Adiwiyata Mandiri SMAN 3 Pangkalan Bun. M Sholeh, mengatakan, dengan digelarnya kampanye orangutan kesekolah mereka, itu marupakan langkah baru bagi OFI.

    “Sehingga anak-anak sekolah yang tadinya ada yang tidak tahu bahkan lupa, bahwa koloni orangutan terbesar di dunia adanya di Kobar yakni di Taman Nasional Tanjung Puting. Nah dengan adanya kampanye orangutan ini, maka pencerahaannya sangat bermanfaat bagi anak-anak sekolah, dan memang kita semua harus ikut menjaga dan melestarikan hutan, serta habitat yang ada di dalam hutan termasuk orangutan,” ungkap M Sholeh.

    (Man/Beritasampit.co.id).

    EDITOR : MAULANA KAWIT