Ketua DPRD Triyanto : Orangutan Jadi Pusat Perhatian Masyarakat Dunia

    Editor: A Uga Gara

    PANGKALAN BUN-Gencarnya Orangutan Foundation International (OFI) mengkampanyekan Orangutan sebagai satwa yang dilindungi mendapat apresiasi dari Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Barat, Triyanto.

    “Harus kita akui bahwa orangutan mampu menyedot perhatian masyarakat dunia,”kata Triyanto saat dibincangi beritasampit.co.id, Minggu (18/11/2018).

    Menurut Triyanto, melindungi orangutan berarti sama dengan menjaga kesinambungan dan melestari hutan, khususnya hutan Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) yang telah menjadi atmosfir paru paru dunia,” jelasnya.

    Keberadaan orangutan disampaing sebagai indikator kawasan hutan di TNTP tetap lestari, juga melalui kunjungan wisatawan asing ke Indonesia yang ingin melihat orangutan di habitatnya hutan alam dapat menambah devisa negara.

    “Turis-turis yang datang dari negara lain, tentunya akan membawa uang dari negara asalnya dan menukarkan uangnya menjadi mata uang rupiah yang akan menjadi devisa Indonesia.

    “Ini harus kita dukung dan senantiasa sinergi dengan pemerintah daerah dalam rangka promosi wisata ke masyarakat luas. Yang harus menjadi perhatian kita baik itu OFI dan NGO yang lainya melibatkan masyarakat sekitar ikut bersama-sama membangun, melestarikan dan cinta kelestraian oranggutan dan habitatnya,” imbuh Triyanto.

    (man/beritasampit.co.id)