Jamin Ginting: “Masyarakat Harus Punya Inisiatif Berantas DBD dan Jangan Hanya Nunggu Perintah”

    PANGKALAN BUN – Untuk mencegah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), yang semakin meningkat di Kabupaten Kotawaringin Barat, masyarakat harus punya inisiatif bersama-sama memberantasnya DBD karena untuk mencegah penyakit DBD tidak bisa hanya dilakukan oleh petugas kesehatan.

    Selama ini sebagian besar masyarakat masih belum mentaati apa yang telah disosialisasikan Dinas Kesehatan, seperti telah menyebarkan selebaran tentang bahaya penyakit DBD, juga telah melakukan berbagai penyuluhan diseluruh Desa,Kelurahan melalui Pustu dan Puskesmas,” kata Jamin Ginting Kabid P2P Dinkes Kabupaten Kobar, saat dikonfirmasi beritasampit.co.id Jumat (14/12/2018).

    Menurut Jamin Ginting, pencegahan DBD antara lain Menguras, Menutup, Mengubur, Memantau (4M) sudah lama disosialisasikan kepada masyarakat. Karena penyakit DBD menjangkit kepada manusia tanpa pandang usia, baik tua, muda dan anak-anak balita.

    “Jadi saya menghimbau kepada para Lurah, Kades dan masyarakat jangan hanya menunggu perintah, untuk melakukan rumus 4M. Tapi harus ada inisiatif dari semua pihak khususnya masyarakat, karena rumus 4 M tersebut, salah satu upaya untuk pencegahan sedini mungkin, berkembangnya penyebaran nyamuk,” tegas Jamin Ginting.

    (man/beritasampit co.id)