Mahasiswa Asal Kotim Juara di Malang

    Editor: Akhiruddin

    MALANG – Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Kotawaringin Timur (IPMK) Malang patut diacungi jempol. Pasalnya organisasi daerah ini berhasi menjuarai Festival budaya “Arkamaya Budaya 2.0” yang di gelar oleh BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa ) Universitas Muhammadiyah Malang.

    Festival ini sengaja rutin digelar sejak tahun 2018 silam bertujuan untuk memperkenalkan budaya se-Nusantara yang di himpun beberapa organisasi daerah di Kota Malang.

    Ada beberapa jenis lomba pada rangkaian acara ini, diantaranya: Penampilan Gebyar Seni dan Budaya (Penampilan Seni Tari), Gelar Budaya Terbaik (Pameran Stan Budaya), Peragaan Busnaa Terbaik ( Fashion Show ), Parade Budaya, Fotografi.

    IPMK MALANG menjadi salah satu peserta dalam kegiatan Arkamaya Budaya 2.0 ini. Organisasi IPMK Malang ini merupakan organisasi kedaerahan yang berasal dari Kabupaten Kotawaringin Timur yang bergerak di Kota Malang, tentu semua pengurus dan anggota yang terhimpun dari organisasi ini berasal dari tanah kelahiran Kabupaten Kotawaringin Timur.

    IPMK Malang selalu menjadi sorotan di Kota Malang, hal ini terbukti dengan beberapa gelar prestasi yang diraih oleh organisasi ini, baik dari bidang olahraga seperti Futsal ataupun bidang kesenian yang selalu di ikuti dalam acara festival-festival budaya yang di gelar di Kampus-kampus di Kota Malang.

    Arkamaya Budaya 2.0 yang di gelar oleh BEM UMM menjadi saksi kebahagiaan Kabupaten Kotawaringin Timur, karena pada acara tersebut organisasi IPMK MALANG mendapatkan gelar Juara Umum. Dari beberapa jenis lomba yang ada, IPMK Malang menjadi salah satu yang paling banyak mendapatkan gelar juara di Arkamaya Budaya 2.0.

    Gelar juara yang di raih oleh Organisasi IPMK Malang di antaranya : Juara 3 Gelar Budaya Terbaik Gebyar Seni dan Budaya, Juara 1 Peragaan Busana Terbaik, Juara 1 Gelar Budaya ( Pameran Stan Budaya ).

    Dedi Rizaldi sebagai Ketua Umum IPMK Malang menyampaikan bahwa, dirinya sangat bersyukur karena prestasi yang di raih oleh organisasi yang dipimpinnya. “Alhamdulillah selalu bersyukur , bahwa IPMK Malang di banjiri banyak prestasi di tahun ini. 2 minggu yang lalu kita menjuarai Futsal tingkat organisasi daerah se-Nusantara dan sekarang kita menjuarai di festival budaya UMM. Semua ini berkat keras semua pengurus dan anggota IPMK Malang. Persiapan 2 bulan untuk acara ini dan akhirnya hasil yang kita dapat sesuai dengan proses yang kita lalui,” katanya.

    Dedi berharap agar para penguru IPMK Malang tetap rendah hati. “Mari kita terus memeperkenalkan budaya Habaring Hurung di kota Malang. Dan saya berharap, agar Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur untuk bisa mensupport fasilitas kesenian daerah kita untuk IPMK Mlaang, agar kami disini lebih giat dan semangat lagi untuk memperknalkan budaya Habaring Hurung,” jelasnya.

    Sementara itu, Wakil Ketua IPMK Malang, Uji Ari Wiranto apresiasi atar gelar juara tersebut. “Syukur selalu kita ucapkan atas raihan gelar ini. Saya sangat bangga dengan hasil yang di dapat. Semangat teman-teman untuk mempersiapkan segala kebutuhan di acara Arkamaya ini sungguh luar biasa. Bayangkan saja ada beberapa teman-teman yang sampai tidak tidur untuk membuat Huma Betang, semua ini dilakukan hanya untuk memperkenalkan budaya Habaring Hurung di kota Malang,” katanya.

    Sementara Rahman selaku Official IPMK Malang menyampaikan bahwa, prosesnya untuk mendapatkan juara tidak mudah. “Hasil tidak pernah berkhianat dengan proses. Proses yang kita lalui sangat luar biasa dari merasakan lelah, letih, bahkan sampai tidak tidur untuk menyiapkan kegiatan ini. Dan ternyata proses itu terbayarkan dengan gelar juara yang di dapat. Tetap semangat dan terimakasih atas partisipasi kawan-kawan,” tutupnya. (rls)