Ini Komentar Syafi’i Efendi Mengenai Spirit Kepemimpinan

Editor : Maulana Kawit

SAMPIT – Hadir di Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), sebagai motivator dalam acara seminar motivasi Nasional Character Building, Syafii Efendi menyebutkan kepemimpinan itu ada tiga macam.

“Ada tiga jenis Kepemimpinan, pertama pemimpin level terendah, level menengah dan level tertinggi,” sebut Syafii Efendi, di Sampit.

Dicontohkannya, pemimpin level terendah itu adalah orang yang mencari keburukan orang lain. Sedangkan level menengah, membicarakan dirinya sendiri. Sementara pemimpin pada level tertinggi dia berbicara mengenai kontribusi dan peradaban.

BACA JUGA:   Perkelahian Antar Pemuda di Terowongan Nur Mentaya Marak saat Ramadan

”Contohnya seperti bung Karno, dia berbicara tentang Indonesia bukan berbicara tentang dirinya sendiri atau orang lain,” tandas motivator termuda 1 Indonesia fersi majalah Peluang itu.

Pemimpin pada level tertinggi berbicara tentang narasi, level nusantara harus melekat pada kepemimpinan. Jika disandingkan, rasulullah sudah tidak ada, tapi sunahnya masih ada sampai saat ini.

BACA JUGA:   Pemkab Kotim Pastikan Makanan di Pasar Ramadan Aman di Konsumsi

“Level seorang pemimpin pada level tertinggi itu ada pada level peradaban, yaitu sesuatu yang bisa di tingal dan di ingat,” pungkasnya.

(im/beritasampit.co.id).