DKPP Sukamara Uji Sample Darah Sapi

SUKAMARA – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Sukamara melakukan pengambilan sample darah sapi di beberapa peternakan di Kecamatan Sukamara.

Kepala Bidang Peternakan Syamsir Hidayat, mengatakan bahwa pengambilan sample darah ternak sapi bertujuan untuk mengetahui tingkat kadar zat yang terkandung dalam darah ternak, khususnya sapi.

“Ini untuk memeriksa penyakit Brucellosis, parasit darah dan parasit cacing pada sapi,” kata Syamsir Hidayat, Senin (9/9/2019).

BACA JUGA:   Pemkab Sukamara Gelar Safari Ramadan Pertama di Desa Pangkalan Muntai

Syamsir menerangkan bahwa pemeriksaan darah sapi tersebut bekerjasama dengan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Provinsi Kalimantan Tengah dalam rangka mencegah adanya Brucellosis (keguguran menular) pada ternak.

“Penyakit keguguran menular pada hewan disebabkan oleh bakteri Brucella abortus yang menyerang sapi, domba, kambing, babi dan hewan atau ternak lainnya,” jelas Syamsir.

BACA JUGA:   Pertumbuhan Ekonomi Sukamara pada 2023 Sebesar 5,64 Persen

Upaya pencegahan dan pengobatan yang dilakukan DKPP Sukamara terhadap sapi yang terserang penyakit Brucellosis dengan melakukan sanitasi kebersihan kandang dan segala peralatan secara teratur.

“Obat pencuci hama dipisah dengan yang lain, divaksinasi sebelum sapi dikawinkan dan selalu waspada terhadap bibit ternak yang baru dibeli agar tidak menular ke ternak lain,” tukas Syamsir. (enn/beritasampit.co.id)