BJ Habibie Semasa Hidup Sudah Siapkan Liang Makam Disamping Ainun

Editor: Maulana Kawit

SAMPIT – Bangsa Indonesia berduka. Presiden Indonesia ketiga Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie, tutup usia, Rabu sore (11/9/2019), sekitar pukul 18.05 Wib, di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.

Sebagai penghormatan yang kepada putra terbaik bangsa, pemerintah menetapkan hari berkabung nasional dan mengimbau masyarakat di seluruh Indonesia untuk mengibarkan bendera setengah tiang selama tiga hari hingga 14 September.

“Kita akan menetapkan berkabung nasional selama tiga hari, jadi nanti sampai 14 September, kami imbau masyarakat dan kantor lembaga negara, lembaga pemerintah dalam dan luar negeri mengibarkan bendera setengah tiang,” kata Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

BACA JUGA:   Prabowo-Gibran Resmi Menang Pilpres 2024

Sementara itu, rencana jenazah almarhum akan dimakamkan di samping makam istrinya, Ainun Habibie, di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

Tepatnya dimakamkan di Petak N No 113 Taman Makam Pahlawan Nasional Kalibata. Lokasi itu berdekatan dengan makam mantan Panglima TNI Jenderal Besar AH Nasution serta makam mantan Panglima TNI Jenderal Poniman.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan, negara menyiapkan pemakaman yang akan dilakukan besok. Liang makam juga sudah disiapkan sejak lama di TMP Kalibata.

BACA JUGA:   Hari Perempuan Sedunia, Mukhtarudin: Wujudkan Kesejahteraan Perempuan di Semua Aspek Kehidupan

“Sudah disiapkan pemakaman di sebelahnya Ibu Ainun Habibie di slot 120-121,” kata Praktikno di Istana Kepresidenan, Jakarta. Dikutip dari CNN Indonesia.com.

Untuk diketahui Jenazah Ainun dimakamkan di sebelah kanan Poniman dan di bawah makam AH Nasution. Di sebelah kanan makam yang dipersiapkan untuk Ainun, masih kosong yang kemungkinan digunakan untuk makam almarhum BJ Habibie.

(Jun/berita Sampit.co.id)