Lapor Jika Mendapati Ternak Unggas Sakit

SUKAMARA – Pemerintah Kabupaten Sukamara melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian(DKPP) setempat menghimbau agar segera melapor jika menemukan ada ternak yang terserang penyakit.

Kepala Bidang Peternakan Syamsir Hidayat menjelaskan ada beberapa ciri ternak khususnya unggas yang terserang penyakit seperti flu burung dan berak kapur.

Gejala klinis penyakit flu burung atau Avian Influenza (AI) dapat terlihat pada jengger dan pial yang kebiruan, kepala bengkak, gangguan pernapasan, discarge nasal atau ingusan, mata berair, telapak kaki kemerahan, diare dan gejala syaraf.

BACA JUGA:   H Ahmadi Siap Lanjutkan Pembangunan Kabupaten Sukamara

Sedangna gejala penyakit Pullorium atau berak kapur pada unggas seperti diare putih (kapur), produksi telur menurun, ngantuk, kedinginan, pertumbuhan terhambat, gumpalan pasta di kloaka, kelemahan pada kaki, sayap menggantung dan sesak napas.

“Kepada peternak dan masyarakat segera melaporkan ke Dinas jika ayamnya mengalami gejala seperti tersebut diatas,” ucap Syamsir Hidayat, Selasa (11/9/2019).

BACA JUGA:   Pemkab Sukamara Launching Sistem Pembayaran Pajak Daerah Melalui Virtual Account

Pqsalnya jika ada salah satu ayam yang terserang salah satu penyakit tersebut maka peternak akan mengalamk kerugian ekonomi.

“Sangat berpengaruh pada peternak karena akan menyebabkan penurunan produksi telur dan tetas, kematian embrio, anak ayam maupun ayam dewasa,” tukas Syamsir Hidayat. (enn/beritasampit.co.id)